Monday, 10 May 2021
Temukan Kami di :
Internasional

Pasca Insiden Kebakaran di RS COVID, Menkes Irak Mundur dari Jabatannya

Aisyah Isyana - 05/05/2021 01:44

Beritacenter.COM - Menteri Kesehatan Irak, Hassan al-Tamimi, dikabarkan mengundurkan diri, usai insiden terbakarnya rumah sakit COVID-19. Pengunduran diri itu dilakukan Menkes Tamimi atas inisiatifnya sendiri, pada Selasa (4/5).

Insiden kebakaran di rumah sakit COVID-19 di Irak menewaskan 82 orang dan melukai 110 orang. Terjadinya kebakaran di rumah sakit itu memicu kemarahan warganet Irak, bahkan tagar yang menuntut menteri kesehatan dipecat viral di medsos, seperti dilansir reuters, Rabu (5/5/2021).

Baca juga :

Sementara itu, Perdana Menteri Mustafa al-Kadhemi, seorang independen non-partisan yang secara teratur mengulurkan tangan ke Sadrist-blok parlemen terbesar-telah memilih untuk menangguhkan Tamimi setelah kebakaran, bersama dengan sejumlah pejabat lainnya.

Adapun pernyataan pemerintah setempat menyebutkan bahwa kabinet telah mencabut penangguhan Tamimi Selasa pagi, bersama dengan gubernur Baghdad, dimana posisi keduanya merupakan yang sangat terpolitisasi.

Untuk diketahui, insiden kebakaran dilaporkan terjadi pada dini hari pada 25 April 2021. Adapun penyebab kebakaran terjadi, karena dipicu ledakan tabung oksigen yang tak disimpan dengan baik.

Kebakaran yang terjadi membat banyak korban harus menggunakan alat bantu pernapasan untuk dirawat, baik itu karena COVID-19 maupun lemas akibat asap kebakaran yang menyebar dengan cepat ke seluruh rumah sakit.

Adapun hasil penyelidikan terkait insiden itu menyalahkan pejabat di tingkat rendah. Insiden itu juga membuat Direktur rumah sakit Ibn al-Khatib, wakil administrasi, kepala pertahanan sipil rumah sakit dan kepala departemen kesehatan di Baghdad timur "diberhentikan dan akan dikenakan beberapa tindakan disipliner..




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA