Sunday, 20 Jun 2021
Temukan Kami di :
Peristiwa

Gedung Lantai 3 Bank Mandiri Jember Terbakar, Diduga Karena Kosleting Listrik

Aisyah Isyana - 04/05/2021 01:35

Beritacenter.COM - Kebakaran terjadi di Bank Mandiri Kantor Cabang Jember di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Patrang, sekira pukul 20.05 WIB. Kebakaran diduga disebabkan karena adanya korsleting listrik dari UPS (Alat penyimpan daya listrik) di ruangan server, yang berada di lantai 3 gedung tersebut.

Kebakaran yang terjadi membuat UPS setinggi 1,5 meter dan lebar 50 cm mengeluarkan asap hingga memenuhi ruangan. Beruntung, api dapat segera dijinakkan dan kebakaran di UPS tak meluas ke area lainnya.

Baca juga :

Petugas Damkar setidaknya membutuhkan waktu 1 jam untuk memadamkan kebakaran di lokasi. Setelah proses pemadaman, petugas Damkar Mako B Pemkab Jember menggunakan APAR (alat pemadam api ringan).

"Awal kebakaran itu diketahui dari adanya asap yang sudah mengepul dan diketahui oleh petugas sekuriti (keamanan Bank Mandiri). Asapnya keluar dari jendela gedung," kata Koordinator Sekuriti Bank Mandiri, Mulyono saat dikonfirmasi dari dalam Gedung Kantor Bank Mandiri KC Jember, Senin (3/5/2021).

Mulyono menyebut sumber api dan kepulan asap saat kebakaran terjadi berasal dari lantai 3 gedung. "Saat itu asap sudah mengepul, dan sekuriti kami mengecek dari lantai 5 ke lantai 3. Ternyata dari kepulan asap banyak di lantai 3. Kita telusuri ternyata kebakaran terjadi di ruangan server. Yang juga ada bau hangus dan gosong," jelasnya.

Karena ruangan tgelap dan kepulan asap cukup banyak, sekuriti yang melakukan pengecekan sempat kesulitan bernapas. "Selanjutnya karena kami tidak mampu memadamkan api itu, kami menelpon Damkar dan tidak lama petugas PMK itu datang. Selain itu juga datang Anggota Polsek," ujarnya.

Begitu petugas Damkar tiba di lokasi, mereka langsung melakukan pemadaman api dengan menggunakan Apar. Sebanyak 10 orang petugas Damkar menembus kepulan asap untuk menjinakkan si jago merah.

"Menurut keterangan petugas Damkar yang terbakar adalah UPS di ruangan server kantor bank kami," ujarnya.




Berita Lainnya

Kang Emil Sebut Apapun Virusnya, Kuncinya Adalah 5 M

19/06/2021 17:00 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA