Saturday, 24 Jul 2021
Temukan Kami di :
News

Dapat Pengawalan, Polisi Antar Mobil yang Bawa Uang Rp2,1 Miliar di Ngawi Sampai Tujuan

Aisyah Isyana - 02/05/2021 18:25

Beritacenter.COM - Polisi sempat mengamankan mobil Daihatsu Grandmax bernopol W 1427 WL, yang membawa uang Rp 2,1 miliar di exit Tol Ngawi. Saat ini, mobil yang dikemudikan ES (46) warga Kota Batu dan penumpangnya, JRS (29) warga Tanggulangin, Sidoarjo itu sudah kembali melanjutkan perjalanan dengan mendapat pengawalan ketat polisi.

"Setelah menunjukkan surat pengantar dari bank, kami perbolehkan melanjutkan perjalanan. Namun kami kawal hingga tujuannya, Sidoarjo dan Magetan," kata Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya saat dikonfirmasi, Minggu (2/5/2021).

Baca juga : 

Wayan mengatakan, mobil yang membawa uang Rp2,1 miliar itu merupakan milik dua orang warga Sidoarjo dan Magetan. Mereka adalah JNT warga Sidoardjo pemilik uang Rp1,48 miliar dan JBS warga Magetan pemilik uang Rp620 juta.

Kedua orang itu diketahui memiliki usaha jasa penukaran uang pecahan baru untuk lebaran. Uang senilai Rp2,1 miliar itu diketahui pecahan baru senilai dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dua puluh ribu, dan seratus ribu.

"Jadi uang sebanyak Rp 2,1 miliar tersebut terdiri dari uang baru pecahan 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu dan 20 ribu. Ada pula yang pecahan 50 ribu serta 100 ribu. Pemilik dua orang, warga Sidoarjo dan Magetan. Dan sudah kita lepas karena bisa menunjukkan surat pengantar. Uang itu didapat dari hasil tukar di salah satu bank di Bandung," tandas Winaya.

Wayan mengatakan, setelah pihaknya mendapat bukti jika uang itu bukan hasil kejatan, pihak Polres Ngawi melepaskan keduanya dan memberikan pengawalan terhadap mereka sampai ke tempat tujuan. Pengawalan itu diberikan polisi guna mengantisipasi tindak kejahatan.

"Kita tetap mengawal mereka sampai tujuan, karena bahaya membawa uang jumlah banyak tanpa pengawalan polisi," paparnya.

Lebih lanjut, Wayan mengimbau warga yang berencana hendak mengambil uang dalam jumlah besar, agar meminta bantuan pengawalan ke polisi. "Kita imbau masyarakat untuk meminta pengawalan kepada polisi terdekat jika membawa uang banyak," pungkasnya.

Sekedar diketahui, polisi sempat mengamankan mobil pengankut uang Rp2,1 miliar itu pada Jum'at (30/4) sekira pukul 10.00 WIB. Mobil itu sebelumnya keluar exit tol Ngawi dari arah barat atau Solo dan dihentikan, karena diduga pelaku tindak kejahatan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA