Saturday, 25 Sep 2021
Temukan Kami di :
Opini

MELALUI TANGAN JOKOWI, MIMPI - MIMPI INDONESIA TERWUJUDKAN

Indah Pratiwi - 30/04/2021 15:00

Sejak lama bangsa ini memimpikan Indonesia yang Kita cintai ini menjadi bangsa yang maju, sejahtera, adil, makmur dan merata. Kita tau juga sejak negeri ini dipimpin oleh Presiden Jokowi dan melalui tangan dinginnya mimpi - mimpi itu mulai diwujudkan meskipun pelan namun pasti. Disatu sisi Beliau terus membangun dan terus bekerja tiada hentinya. Disisi lainnya Beliau masih terus dihujat, difitnah, dicacimaki, dibilang lemah dan dituduh boneka partai oleh lawan politiknya dan selama ini Dia selalu diam. Sampai Beliau sendiri lupa, sudah sedemikian banyak pembangunan yang telah dihasilkannya sampai di periode kedua ini.

Meskipun sebagai penguasa, pemerintah Jokowi dinilai masih belum sukses dalam membangun dan mengubah bangsa ini. Namun di era pemerintahan Jokowi perubahan itu jelas banyak sekali, apalagi dibandingkan dengan pemerintah era sebelumnya. Namun ketika kita melihat dari sikap dan karakter beliau selama menjabat sebagai seorang Presiden sampai sekarang ini, Beliau tetap konsisten untuk setia melayani dan mengayomi rakyatnya.

Bahkan kita tau juga sejak awalnya Beliau tidak tertarik dengan model dan gaya kepemimpinan jaman orba, yang otoriter maupun diktator. Dan itu sudah terbukti. Beliau lebih suka apa adanya, yang selalu menempatkan posisi dirinya sebagai pelayan rakyat. Karena satu sisi, beliau paham bahwa setiap suara rakyat yang telah memilih dan mendukungnya adalah aset berharga dan modal utamanya. Sehingga kepercayaan yang diamanahkan itu selalu beliau pergunakan sebaik - baiknya dalam bekerja, agar keinginan rakyatnya boleh terwujudkan.

Kita juga boleh menilai maupun mengkritisi kinerjanya beliau. Mungkin ada yang bertanya, mana janji - janjinya Bapak Jokowi, misalkan waktu kampaye beliau pernah janji untuk menaikkan harga petani karet ataupun sawit, yang kenyataannya sampai sekarang belum bisa terealisasikan. Atau ada rakyat yang merasa dibohongi karena ada hak - haknya yang dirampas maupun dihilangkan. Saya meyakini hal - hal seperti itu tidak ada dan kemungkinan juga bisa terjadi. Karena kita tau benar beliau tipe dan karakter pemimpin yang serius dalam bekerja. Kalaupun ada kejadian seperti itu misalkan tindakan pembodohan dan perampasan hak - haknya rakyat, mungkin itu juga dilakukan oleh sebagian oknum - oknum yang memang tujuannya ingin menggunakan kesempatan itu untuk memperkaya dirinya sendiri ataupun ada maksud dan tujuan lainnya. Namun beliau pernah sampaikan dengan tegas kepada masyarakat Indonesia jika menemukan hal - hal demikian, segera laporkan !!!

Bapak Jokowi memang dikenal sosok pemimpin yang jujur, tegas dan berani. Dan sepertinya bangsa ini tetap memerlukan waktu yang panjang juga untuk memberantas korupsi yang sudah mengakar puluhan tahun disetiap sendi - sendi kehidupan tanah air tercinta ini. Kita yakin dan percaya Bapak Jokowi bukan sosok yang tidak mampu mengerjakan hal - hal demikian. Tentu beliau sangat mampu sekali !!! Namun kalau tidak didukung oleh semua pihak, baik itu pihak pemerintah ( partai politik, lembaga negara, tokoh masyarakat maupun ormas ) maupun dengan pihak swasta ( para pengusaha ), maka semuanya itu akan percuma dan kalaupun hanya didukung sepihak pun, hasilnya pasti tidak akan maksimal dan tidak optimal. Tetapi yang terpenting adalah dukungan dari seluruh rakyat Indonesia.

Seperti sekarang ini ketika Kita melihat berbagai langkah - langkah yang sedang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi, harusnya kita sudah bisa menilai bagaimana setiap strategi dan langkah - langkah kebijakan yang dibangun oleh Bapak Jokowi selalu berdasarkan pada timing yang tepat. Beliau selalu bekerja secara terukur, terhitung, terstruktur dan terorganisir.

Seperti pada periode pertama, beliau lebih fokus pada pembangunan di berbagai infrastruktur ( jalan tol, bandara, pelabuhan, jembatan, bendungan dll ). Kemudian yang sempat geger negara - negara di dunia yaitu merebut kembali aset - aset NKRI yang dikuasai para mafia puluhan tahun lamanya seperti Freeport, Blok Rokan, Mahakam maupun Petral. Dimana saat itu ada berbagai gesekan pun terjadi dan itulah pertarungan. Singkatnya beliau berhasil dan menang tipis atas pertarungan itu.

Di periode ke dua ini Presiden Jokowi yang pemberani ini tetap fokus pada pembangunan infrastruktur dan juga kebijakan yang berpotensi menimbulkan gesekan dengan para lawan politiknya seperti memberantas mafia lahan dan mafia pertambangan, memangkas jalur birokrasi yang panjang. Kemudian beliau juga merevisi beberapa UU, bahkan puluhan UU yang menghambat penciptaan lapangan kerja direvisi menjadi Omnibus law. Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani mengatakan Omnibus Law tujuannya untuk meningkatkan dan mengentaskan Indonesia dari middle income trap. Indonesia bisa menjadi negara yang efisien, regulasinya simpel, dan memberi kesempatan kepada rakyat untuk berusaha secara mudah.

Kemudian yang paling kita bangga dan kagum Beliau adalah membubarkan ormas radikal HTI dan FPI di era pemerintahannya. Secara fakta, jika bukan Bapak Jokowi Presiden Indonesia, Kita yakin sampai hari ini ormas radikal seperti HTI dan FPI tidak akan pernah dibubarkan. Karena kita tau ormas radikal HTI Dan FPI telah mengakar dalam birokrasi dan pemerintahan sebagai warisan dari masa lalu.

Kemudian belum setahun di Periode kedua, Pemerintahan Presiden Jokowi harus menghadapi tantangan berat yaitu pandemi Covid-19 yang sampai sekarang ini masih mengancam negeri ini. Sehingga akibat pendemi ini segala aspek kehidupan pun ikut terdampak. Dan Kita doakan selalu mudah - mudahan segera berakhir pandemi Covid-19 ini. Aminnn

Yang luar biasa sekali adalah dalam beberapa minggu ini Pemerintah mengambil alih Taman Mini Indonesia Indah (TMII) seluas 146,7 hektar yang selama ini dikelola oleh Keluarga Presiden ke - 2 Soeharto hampir 44 tahun lamanya. Pengambilalihan ini didasarkan oleh rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Jadi atas pertimbangan itu presiden menerbitkan Perpres 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh tim transisi Kemensetneg dan ini berarti berhenti pula pengelolaan yang selama ini dilakukan oleh Yayasan Harapan Kita.

Kemudian Presiden Jokowi meneken Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2021 tentang Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI. Adapun Keppres ini muncul setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus BLBI, terhadap tersangka Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim. Sehingga melalui Keppres ini maka Pemerintah akan menagih dan memburu aset - aset karena utang perdata terkait BLBI, yang jumlahnya lebih dari Rp 108 triliun. Dan yang perlu Kita ketahui salah satu tugas satgas ini adalah untuk menagih dan memproses jaminan agar menjadi aset negara.

Masih di periode kedua, dan tentunya ada hal yang sangat menarik yang perlu sekali untuk kita ketahui. Bapak Jokowi ingin sekali mimpi - mimpi Indonesia terwujudkan. Oleh karena itu ada satu terobosan dan pencapaian besar yang sedang Bapak Jokowi dan jajarannya kerjakan. Presiden Jokowi tentunya sangat paham, Indonesia memang kaya dengan mineral bumi seperti bauksit, emas, batu bara, nikel maupun produk tambang lainnya. Oleh karena itu, beliau menekankan pentingnya penghiliran komoditas tambang untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk. Menurut data yang saya baca, hingga saat ini Indonesia memiliki 20 smelter terdiri dari tembaga (2 smelter), nikel (13 smelter), bauksit (2 smelter), besi (2 smelter), dan mangan (1 smelter). Dan kemungkinan besar pembangunan smelter akan terus bertambah sesuai kebutuhan yang terus meningkat baik dalam negeri maupun luar negeri.

Berbicara soal nikel yang sedang trending saat ini, Presiden Jokowi ingin fokus ke industri hilir dari komoditas bijih nikel. Karena mengingat Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia yaitu 25 persen cadangan nikel di dunia ada di Indonesia, yang jumlahnya kurang lebih 21 juta ton. Dan Indonesia mengontrol hampir 30 persen produksi nikel di dunia. Bahkan Kedepannya Indonesia mengolah bijih nikel menjadi baterai litium yang dapat digunakan untuk ponsel dan mobil listrik. Dan apabila berhasil menjadi produsen baterai litium, maka Indonesia akan menjadi pemain penting dalam rantai industri mobil listrik dunia.

Oleh sebab itu dengan terus bertambahnya pabrik pengolahan nikel ini maka kita tidak lagi menjual nikel dalam bentuk bahan mentah yang murah lagi, tetapi sudah dalam bentuk baterai yang mahal. Memang satu sisi negara Indonesia mendapat keuntungan yang sangat besar. Tetapi di sisi lain negara - negara maju di eropa akan sangat bergantung pada negara kita. Kerenn Kan..

Kemudian pembangunan ibu kota yang baru di Kalimantan Timur yang dengan konsep rancangan istana negara berbentuk burung Garuda. Groundbreaking di ibu kota negara ditandai dengan peletakan batu pertama untuk istana presiden sebagai titik nol dari ibu kota negara yang baru itu. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, masterplan ibu kota negara baru sudah selesai. Artinya, rencana titik-titik pembangunan sudah dirampungkan. Perencanaan pembiayaan pun telah disusun. Delineasi lahan, pembangunan jalan-jalan utama, dan infrastruktur untuk memasuki ibu kota negara yang baru kini tengah dikerjakan. Saat ini, pemerintah masih menunggu penyusunan undang - undang tentang ibu kota negara baru yang masih berproses di DPR serta menanti pembentukan badan otoritas pembangunan ibu kota baru. Jika undang - undangnya selesai, pembentukan badan otoritasnya selesai, itu bisa kita paralel semua ini infrastruktur dasarnya bisa kita kerjakan.

Sebenarnya selama ini kenapa ada sebagian rakyat suka demo? Kenapa ada sebagian orang yang suka menebarkan berita hoaks, nyinyir dan fitnah terhadap beliau. Apakah karena mereka tidak percaya sama pemerintah? Ataukah di antara kita banyak yang tidak tahu apa yang sedang diam - diam dikerjakan oleh pemerintahan Jokowi ??? Ataupun mereka yang tau dan merasa terusik bisnis mereka sehingga berbagai propaganda terus dihembuskan Yang seolah - olah pemerintah Jokowi tidak becus dalam bekerja ??? Inilah yang perlu kita pahami dan mengerti siapa sebenarnya musuh kita dan siapa pula teman kita sesungguhnya.

COBA KITA RENUNGKAN BERSAMA...

Andaikan beliau sudah tidak menjadi Presiden lagi yang berdasarkan konstitusi sudah selesai, hanya sampai 2 periode saja. Apakah kita yakin dengan semua program dan kebijakan Bapak Jokowi dengan pembangunan yang belum selesai ini, akankah dilaksanakan ataupun dilanjutkan kembali oleh presiden berikutnya ??? Kemudian akankah kita yakin dengan kelakuan para mafia dari berbagai profesi akan kembali bebas beraksi yang nyatanya selalu merongrong aset - aset negeri ini terutama SDA sebelum Pak Jokowi menjabat sebagai Presiden. Begitu juga dengan mereka kaum intoleran seperti HTI dan FPI, akankah kembali dilegalkan dan diberi badan hukum ???

Mari saatnya Kita semua yang masih waras dan sadar akan kebaikan yang telah Beliau berikan dan nyatakan bagi negeri ini untuk tetap saling bersatu dan bergandengan tangan guna mendukung langkah - langkah perjuangan beliau bagi negeri ini dan bagi kita semua.

Jangan biarkan beliau tersingkir oleh para mafia negeri ini.
Jangan biarkan beliau berjalan sendiri menghadapi para pencundang negeri ini.
Pastikan beliau tetap menjadi Bapak dan Ayahanda bagi Kita semua.

Karena sesungguhnya Kitalah yang sangat membutuhkan beliau bagi masa depan kita dan anak anak Kita kelak untuk meraih mimpi mereka di negeri yang besar ini.

SALAM MENUJU INDONESIA SEJAHTERA
Roy Sandy




Berita Lainnya

HARU BERSAMA SEMESTA

24/09/2021 14:29 - Indah Pratiwi

Suroto Menampar Muka DPR, Oposisi dan Mahasiswa

24/09/2021 13:22 - Indah Pratiwi

Filosofi Dolane Kurang Adoh

24/09/2021 12:58 - Indah Pratiwi

LBP MENGGUGAT

24/09/2021 12:00 - Indah Pratiwi

Simulasi Pilpres 2024

24/09/2021 11:32 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA