Tuesday, 21 Sep 2021
Temukan Kami di :
Keuangan

Inilah Tips Cerdas Kelola THR Agar Tidak Cepat Habis

Dewi Sari - 29/04/2021 08:50

Beritacenter.COM - Memiliki Tunjangan Hari Raya (THR) memang ditunggu bagi para masyarakat Indonesia meskipun mudik telah dilarang. Namun demikian, tak banyak dari masyarakat yang sudah merencanakan pemanfaatannya.

Agar THR tidak sekedar lewat dan lebih bermanfaat, simak tips dari dompet digital DANA mengenai pemanfaatan uang ekstra itu secara bijak dan tidak dihamburkan begitu saja.

"THR sebaiknya benar-benar menjadi pendapatan ekstra yang tidak untuk dihambur-hamburkan, tapi harus dikelola dengan cerdas," ujar Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA dikutip dari Antara.

Berikut tips mengelola THR secara bijak dan cerdas, agar THR bisa lebih bermanfaat dan tidak sekadar numpang lewat:

1. Buat Daftar Catatan Tujuan Keuangan

Pisahkanlah uang THR dengan gaji bulanan. Tentukan tujuan penggunaan uang THR. Sebaiknya sebagian dari uang THR disisihkan untuk dana darurat atau investasi.

2. Utamakan Kebutuhan

Lebaran adalah momen kemenangan dan kebahagiaan. Namun, kebutuhan sehari-hari termasuk pulsa telepon tetap harus menjadi prioritas agar perayaan Lebaran tidak terganggu.

3. Jadikan THR Penuh Berkah dengan Sedekah

Pos selanjutnya yang harus dipenuhi dari uang THR adalah adalah untuk membayar zakat yang menjadi kewajiban bagi umat Islam. Selain zakat, bulan Ramadan dan Idul Fitri yang penuh berkah juga bisa dijadikan momen untuk memperbesar amal ibadah melalui sedekah.

4. Sisihkan untuk Investasi

Jangan habiskan THR untuk bersenang-senang, sisihkanlah sebagian untuk tabungan darurat atau investasi. Pembagian THR tahun ini bisa jadi momentum yang pas untuk berinvestasi di tengah adanya larangan mudik dan pembatasan pada tempat-tempat liburan.

Investasi yang bisa menjadi pilihan adalah logam mulia emas, yang dianggap sebagai instrumen safe heaven.

5. Manjakan Diri Sesuai Kemampuan

Setelah semua pos pengeluaran yang wajib dan penting dipenuhi, tidak ada salahnya menggunakan uang THR yang tersisa untuk bersenang-senang atau memanjakan diri, khususnya bagi yang suka berbelanja atau bermain game

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA