Friday, 07 May 2021
Temukan Kami di :
Teknologi

Astronom Deteksi 'Black Hole' Terdekat dengan Bumi, Seberapa Dekat?

Aisyah Isyana - 22/04/2021 21:58

Beritacenter.COM - Objek yang diduga kuat sebagai black hole (lubang hitam) yang lokasinya disebut dekat dengan Bumi, berhasil dideteksi astronom. Black hole yang dijuluki sebagai Unicorn itu disebut berjarak 1.500 tahun cahaya dari Bumi, tergolong jarak yang tak terlalu jauh dalam luas antariksa.

Nama Unicorn itu diberikan lantaran lubang hitam itu berada di konstelasi Monoceros atau nama lain dari unicorn. Selain itu, lubang hitam ini memiliki massa yang sangat rendah untuk ukuran lubang hitam, yakni sekira tiga kali Matahari.

Baca juga :

"Karena sistem ini sangat unik dan aneh, tentunya cocok disebut sebagai The Unicorn," kata pemimpin tim riset yang menemukannya, Tharindu Jayasinghe dari Ohio State University yang dikutip dari Live Science, Kamis (22/4/2021).

Black Hole Unicorn ini memiliki tidak sendirian, dia juga ditemani bintang raksasa merah yang mendekati akhir riwayatnya. Adapun bintang itu terdeteksi oleh beberapa instrumen termasuk Transiting Exoplanet Survey Satellite milik NASA.

Riset menyebutkan, cahaya bintang itu berubah bentuknya dan intensitasnya secara rutin. Dengan begitu, diduga ada obyek lain yang turut mempengaruhi, hingga kemudian dapat disimpulkan jika penyebabnya adalah lubang hitam.

Lubang hitam ini yang hanya berukuran sekitar tiga kali massa Matahari tergolong mungil. Untuk perbandingan, lubang hitam yang berada di pusat Galaksi Bima Sakit diestimasikan memiliki 4,3 juta kali massa Matahari.

"Seperti halnya gravitasi Bulan mempengaruhi lautan Bumi, menyebabkan gelombang tinggi, demikian pula Lubang Hitam itu mengubah bintang itu menjadi seperti bola sepak," papar Todd Thompson, salah satu perisetnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA