Sunday, 13 Jun 2021
Temukan Kami di :
News

Curhat Petani Indramayu ke Jokowi, Singgung soal Mesin Panen Padi Hingga Pupuk Subsidi

Aisyah Isyana - 21/04/2021 15:55

Beritacenter.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan panen raya di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pada kesempatan itu, Jokowi melakukan pemantauan aktivitas panen dan berdialog dengan para petani.

Sementara kelompok tani di Indramayu berkesempatan curhat ke Jokowi dan menyinggung soal kekurangan tenaga kerja untuk panen. Alhasil, para petani di Wanasri Indramayu sangat menggantungkan proses panen menggunakan mesin panen padi atau combine harvester.

Baca juga :

"Kami minta ke Bapak Presiden alat combine, ya buat panen. Kemudian, soal irigasi juga. Di sini kan lagi ada perbaikan irigasi, airnya tumpah ke mana-mana," kata Ketua Kelompok Tani Tani Mukti Kaedi (46) seperti dilansir detik, Rabu (21/4/2021).

Tak hanya meminta pengadaan mesin panen padi, Kaedi juga berharap pemerintah dapat menyesuaikan harga pupuk dengan padi. Dimana harga pupuk non-subsidi mencapai Rp600 ribu perkuintalnya, sementara harga pupuk subsidi Rp225 ribu perkuintalnya.

"Untuk pupuk subsidi itu dibatasi, penggunaannya tidak boleh lebih untuk dua hektare. Harga pupuk ini disesuaikan dengan padi," kata Kaedi.

Saat menggarap lahan seluas 3 hektare, Mukti mengaku mencampur pupuk subisidi dan non-subsidi untuk kebutuhan tanaman. "Alhamdulillah panen bagus. Untuk satu hektare itu bisa panen sekitar tujuh sampai delapan ton," kata Kaedi.

Sekedar diketahui, dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi bertolak menuju Kawasan Industri Terpadu Batang yang berlokasi di Desa Ketanggan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, setelah dari Indramayu. Jokowi melakukan peninjuaan perkembangan pembangunan kawasan industri.

Rencananya, Jokowi akan kembali ke Jakarta sore harinya. Jokowi bakal menempuh perjalanan udara melalui Bandara Internasional Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA