Friday, 07 May 2021
Temukan Kami di :
Bola

Inilah 4 Pesepakbola Mualaf yang Pernah Bela Timnas Indonesia

Dewi Sari - 16/04/2021 12:45

Beritacenter.COM - Indonesia dikenal dengan penduduk dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Selain Islam, Indonesia juga memiliki beraneka macam agama. Ada empat orang mualaf dari pesepakbola yang pernah membela Timnas Indonesia.

Sejumlah alasan melatarbelakangi mereka hingga akhirnya memilih memeluk agama Islam. Lantas, kapan nama-nama di atas memilih menjadi mualaf dan juga menjadi personel Timnas Indonesia?

1. Diego Michiels

Momen mualaf Diego Michiels terasa emosional. Sebab, fullback berusia 30 tahun ini memutuskan menjadi mualaf pada 7 Februari 2013, atau ketika menjalani persidangan kasus pengeroyokan.

Tak lama setelah menjadi mualaf, pemain kelahiran Deventer, Belanda, ini pun mengganti namanya menjadi Diego Muhammad bin Robbie Michiels. Pemain yang baru saja memutus kontrak dengan Borneo FC ini merupakan fullback kiri andalan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011 Jakarta. Berkat bantuan Diego, skuad Garuda Muda merebut medali Perak.

2. Markus Horison

Markus Horison memutuskan berpindah agama dan memeluk agama Islam pada 2004. Ketika itu, Markus Horison yang baru berusia 25 tahun mendapatkan hidayah dari Allah SWT hingga akhirnya memutuskan menjadi mualaf.

Sejak saat itu, ia memiliki nama Islam yakni Muhammad Haris Maulana. Pria berkepala plontos yang sudah memutuskan pensiun dari dunia si kulit bulat ini, sempat menjadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia selama lima tahun (2007-2012). Markus Horison berstatus sebagai kiper utama saat skuad Garuda finis runner-up di Piala AFF 2010.

3. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales menjadi mualaf pada 9 Oktober 2003. Ia menjadi mualaf setelah menikahi perempuan asal Indonesia, Eva Nurida Siregar. Semenjak menjadi mualaf, Cristian Gonzales memiliki nama Islam yakni Mustafa Habibi.

Di tim nasional, tiga kali top skor Liga Indonesia ini sempat lima tahun (2010-2015) menghuni lini depan Timnas Indonesia. Dari 29 pertandingan, penyerang naturalisasi asal Uruguay ini mengoleksi 12 gol bagi skuad Garuda.

4. Esteban Vizcarra

Esteban Vizcarra memutuskan menjadi mualaf pada 2012, atau ketika masih memperkuat Semen Padang. Setelah menjadi mualaf, Esteban Vizcarra yang kini berseragam Persib Bandung mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI) pada 2018.

Ia mencatatkan satu caps ketika Timnas Indonesia menang 3-0 atas Myanmar dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada 10 Oktober 2018. Saat itu, pemain asal Argentina ini turun di awal babak kedua menggantikan Irfan Jaya.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA