Friday, 07 May 2021
Temukan Kami di :
Opini

Waspada ! 7 Hal Sepele Ini Bisa Hilangkan Pahala Puasa Anda...

Baharuddin Kamal - 16/04/2021 12:00 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Di bulan penuh berkah ini, umat muslim dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Sebab, di bulan Ramadan, segala amal yang dilakukan akan mendapat pahala yang berlipat. Tentunya, kamu tidak akan menyia-nyiakan bulan puasa yang hanya datang satu tahun sekali ini untuk beribadah menabung pahala untuk di akhirat kelak.

Seperti yang kita tahu, ada beberapa hal yang bisa membatalkan puasamu, seperti makan dan minum secara sengaja. Namun rupanya, ada juga hal-hal sepele yang bisa mengurangi pahala puasamu loh, apa saja?

1. Membicarakan Orang Lain
Ada ungkapan yang mengatakan "namanya juga cewek pasti senang sama yang namanya gosip". Namun, rupanya hal ini benar-benar dilarang saat puasa. Kamu bisa kehilangan pahala puasamu karena senang membicarakan orang lain. Daripada ngegosip, lebih baik sibukkan dirimu dengan ibadah-ibadah lain agar puasamu lebih banyak menghasilkan pahala.

2. Berkata Bohong
Bulan Ramadan adalah bulan yang suci dan kita diharuskan untuk menjaga diri dari perbuatan yang dilarang. Berkata bohong tentunya tidak baik dan bisa mengurangi pahala puasa. Meskipun yang kamu katakan hanya kebohongan kecil, tetap saja kamu sudah berdusta. Hati-hati, jangan sampai amalan kita berkurang karena mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan.

3. Bertengkar dengan Orang Lain
Jika ada seseorang yang membuatmu kesal, maka lapangkan hatimu dan maafkan saja. Memaafkan orang lain itu sangat mulia daripada bertengkar yang akhirnya menghabiskan energimu. Selain membuang-buang tenaga, amarah pada orang lain juga bisa mengurangi pahala puasa. Jika kamu bersabar, maka kamu akan menuai banyak pahala di akhirnya nanti.

4. Berbicara Kotor dan Kasar
Sebagai umat muslim, kita diajarkan untuk berkata lembut dan tidak mengucapkan kata-kata kasar meski sedang marah sekalipun. Meski tidak membatalkan puasa, berbicara kasar atau kotor bisa mengurangi pahala puasamu. Tentunya kamu tidak mau jika seharian menahan lapar dan haus tapi ternyata pahala puasamu tidak sempurna lantaran tidak bisa menjaga lisan.

5. Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lain
Menjaga hati dari segala macam penyakit memang sudah dianjurkan kepada setiap umat muslim. Penyakit hati seperti iri dan dengki itu sangat berbahaya. Jika kamu melihat orang lain bahagia, maka ikutlah bahagia seperti dirinya. Jangan ada rasa iri apalagi tidak suka dengan kebahagiaan mereka. Kamu bisa menemukan banyak hal untuk disyukuri daripada sekadar iri terhadap orang lain.

6. Berduaan dengan yang Bukan Muhrim
Untuk kamu yang punya pacar, tentunya hal ini menjadi perhatian yang harus kamu hindari. Berduaan dengan lawan jenis yang bukan muhrim itu bisa mengurangi pahala puasa. Kalau biasanya kamu suka pergi berdua atau manja-manjaan sama pacar, maka di bulan puasa ini kamu harus mulai menghindarinya. Jika kamu ingin bertemu dengan pacar, alangkah baiknya ajak juga teman-temanmu yang lain agar kamu tidak cuma berdua dengannya.

7. Melihat Lawan Jenis dengan Hawa Nafsu
Mungkin menahan lapar dan haus terlihat berat, tapi ternyata yang lebih sulit ternyata menjaga hawa nafsu. Melihat lawan jenis dengan hawa nafsu tentunya tidak diperbolehkan saat kamu berpuasa karena bisa membuat pahala puasamu berkurang. Bahkan, bisa membuat puasamu batal, berhati-hatilah dan perbanyak istighfar.




Berita Lainnya

ALGORITMA NIKEL

07/05/2021 17:00 - Indah Pratiwi

Paham Radikal di Lembaga Pemerintah

07/05/2021 14:00 - Indah Pratiwi

Bolehkah Bayar Zakat Fitrah Dengan Uang?

07/05/2021 12:30 - Dewi Sari

Jokowi Amati KPK Takut Pecat Novel Baswedan

06/05/2021 20:15 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA