Friday, 30 Jul 2021
Temukan Kami di :
Bisnis

Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia, Pendiri 'TikTok' Punya Harta Rp878 Triliun!

Aisyah Isyana - 16/04/2021 00:44

Beritacenter.COM - Aplikasi berbagi video TikTok sangat populer di kalangan muda belakangan ini. Kepopuleran TikTok membuat kekayaan pendirinya, Zhang Yiming, terus melonjak. Data Bloomberg Billionaires Index mencatatkan pria berusia 38 tahun itu sebagai salah satu orang terkaya dunia.

Harta pendiri TikTok itu terpantau meningkat pesat menjadi USD 60 miliar, atau dikisaran Rp878 triliun. Kekayaan Yiming bahkan disebut sama dengan orang terkaya China, Zhing Shanshan, yang merupakan salah satu orang terkaya dunia.

Baca juga :

Saat ini, startup yang didirikan Zhang Yiming, yakni ByteDance, yang merupakan perusahaan induk TikTok, disebut bernilai tembus USD 250 miliar, sebagaimana dikutip ZeeNews, Kamis (15/4/2021).

TikTok sejatinya saat ini tengah menghadapi cukup banyak tantangan. Adapun salah satunya saat India yang merupakan pasar terbesar mereka memutuskan untuk memblokir layanan platform berbagi video ini dengan alasan keamanan nasional.

Pemerintah China juga disebut tengah mengawasi sepak terjang raksasa teknologi, termasuk ByteDance. Namun, pandemi COVID-19 justru disebut membuat jumlah pengguna TikTok meningkat pesat.

Zhang Yiming didaulat sebagai seorang miliuner pada Maret 2018 lalu, dimana saat itu kekayaannya masih sekitar USD 4 miliar. Saat ini, mayoritas kekayaan pendiri TikTok ini berasal dari sahamnnya di ByteDance yang mencapai 24%.

Sebelum menjadi miliuner dan mendirikan ByteDance pada 2012, Zhang juga disebut pernah bekerja di Microsoft. Adapun ByteDance sendiri memiliki sejumlah produk lain selain TikTok, yakni seperti pesaing WeChat bernama FlipChat, dan aplikasi video messaging bernama Duoshan. Mereka juga mempunyai sejumlah aplikasi jejaring sosial lainnya di China.




Berita Lainnya

5 Bisnis Kuliner Kekinian, Auto Cuan

25/03/2021 08:50 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA