Thursday, 13 May 2021
Temukan Kami di :
Opini

Ada yang Terus Dibangun Jokowi

Indah Pratiwi - 15/04/2021 17:43 Oleh : Arya Hadi Dharmawan

Jika teman-teman melalui jalan Tol Bandung – Cileunyi, maka di sepanjang pinggir jalan tol tersebut kini berderet ratusan pilar yang siap untuk lintasan kereta. Kereta Cepat Jakarta – Bandung. Bentuk deretan pilar yang berwarna off-white ini sekilas menyiratkan pilar-pilar bangunan abad pertengahan di Acrapolis, Athena Yunani atau juga bangunan abad pertengahan di Roma Italia atau pilar-pilar bangunan kejayaan masa lalu di Kota Amman Jordania.

Deretan ratusan pilar kereta cepat, juga tampak berjajar sejajar dengan jalur tol Jakarta – Cikampek. Namun menghilang di sepanjang lintasan Tol Purbalenyi dan tol Cipularang. Menghilang, karena di kawasan Purwakarta hingga menjelang Bandung, lintasan kereta cepat, masuk ke bawah tanah.

Lintasan kereta cepat di bawah tanah itu, mengingatkan lintasan tunnel-tunnel kereta cepat ICE di Jerman dan TGV di Perancis. Juga kereta bawah laut yang menghubungkan antara Paris dan London.Tampaknya, Indonesia mulai mengejar keter

tinggalannya dalam penguasaan kereta cepat sebagaimana lazim dijumpai di Eropa atau Jepang. Kereta dengan tenaga listrik berkecepatan setidaknya 200 Km per jam.

Entah mengapa hanya Jokowi Presiden yang sungguh-sungguh bekerja serius untuk terus membangun, untuk terus melengkapi berbagai fasilitas umum, untuk terus menggenapi sarana publik, untuk terus mengejar ketertinggalan dengan negara lain. Tanpa pembangunan, tanpa sarana dan prasarana, tanpa fasilitas fisik maka non sense berbicara tentang mengejar kemajuan negara lain.

Bagaimana bicara persaingan bila pembangunan jalan ditempat. Salah satu tonggak penting pembangunan tentu saja sarana prasarana publik terutama transportasi, irigasi, interkoneksi, dan teknologi. Hanya membangun sumberdaya dan support mereka memajukan Indonesia tidak ada ya akan percuma saja. Kita tetap akan jalan ditempat. Salam Indonesia

Sumber : Status Facebook Arya Hadi Dharmawan




Berita Lainnya

Niat Sholat Idul Fitri dan Tata Caranya

12/05/2021 15:45 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA