Friday, 07 May 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Pemerintah Atur Skenario Vaksinasi Covid-19 Selama Ramadhan

Anas Baidowi - 10/04/2021 02:03 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan 30 juta dosis vaksin untuk vaksinasi Covid-19 tahap kedua, yakni pada periode Maret-April 2021. Serta 50 juta dosis vaksin di periode Mei-Juni 2021.

Target sebanyak 100 ribu sampai 500 ribu vaksin dapat diberikan pada bulan Maret-April. Sedangkan di bulan Mei-Juni dua kali lipat dari periode sebelumnya, atau maksimal 1 juta vaksinasi per hari.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah akan tetap melaksanakan program vaksinasi di bulan Ramadhan pada pekan depan, dengan alternatif dilakukan pada malam hari.

“Vaksinasi dapat dilakukan pada saat puasa. Alternatif vaksinasi pada malam hari dapat dilakukan dengan melakukan penjadwalan,” kata Nadia dalam keterangannya, Sabtu (10/4/2021).

Advokasi Vaksinasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Iris Rengganis berpendapat bahwa vaksinasi aman dilakukan pada bulan puasa. Hal ini merujuki pada Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 yang menyebutkan vaksinasi injeksi tidak membatalkan puasa.

Menurut Iris, demi tercapainya herd immunity, program vaksinasi tidak boleh berhenti meskipun hanya sebentar.

“Bapak Wapres juga sudah menyampaikan bahwa vaksinasi saat Ramadhan tidak membatalkan puasa. Saat Ramadhan, vaksinasi dapat dilakukan terutama merujuk pada Fatwa MUI,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi MUI Masduki Baidlowi telah menjelaskan bahwa vaksinasi bagi umat islam hukumnya fardu kifayah agar herd immunity dapat segera tercapai. Ia juga mengingatkan bahwa MUI, telah mengeluarkan fatwa yang menyatakan vaksin yang digunakan di Indonesia halal.

“Rekomendasi MUI sangat jelas, vaksinasi boleh dilakukan siang ataupun malam hari di bulan Ramadhan. Wajib Kifayah bagi 70 persen warga negara (umat islam di Indonesia) ikut vaksinasi, meskipun dibulan puasa,” tegasnya.




Berita Lainnya

Membangun Solidaritas Kemanusiaan

07/05/2021 16:00 - Indah Pratiwi Budi

Peran Perempuan dalam Memerangi Hoaks

07/05/2021 15:00 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA