Friday, 16 Apr 2021
Temukan Kami di :
Ekonomi

Pemerintah Siapkan Rp500 Miliar untuk Subsidi Ongkir 'Harbolnas' Lebaran

Anas Baidowi - 07/04/2021 19:56

Beritacenter.COM - Momen lebaran merupakan waktu yang tepat untuk mendorong konsumsi masyarakat. Untuk itu, pemerintah menyiapkan Rp 500 miliar untuk subsidi ongkos kirim belanja masyarakat yang dilakukan secara daring (online).

"Pemerintah mendorong hari belanja nasional (harbolnas), yang hari belanja nasional h-10 dan h-15 untuk produk nasional dan pemerintah akan mensubsidi ongkir," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Rabu (7/4/2021).

Tak hanya itu, pemerintah juga akan melanjutkan penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa beras 10 kg dan mempercepat penyaluran program keluarga harapan (PKH). Bantuan ini akan diberikan kepada 20 juta penerima manfaat.

"Percepatan output dari PKH, sembako, dan bantuan langsung tunai (BLT), Penyaluran sembako dari Juni ke awal Mei. Jadi ini dipercepat," terang Airlangga.

Nantinya, pemberian baras bansos itu diambil dari Perum Bulog, sehingga Bulog bisa mendapatkan dana segar sebesar Rp2 triliun dari program tersebut.

"Dan dana itu bisa membeli gabah rakyat 440 ribu (ton)," kata Airlangga.

Airlangga memita seluruh perusahaan swasta untuk dapat memberikan hak para karyawannya berupa tunjangan hari raya (THR) pada Lebaran 2021. Pasalnya, pemerintah telah memberikan berbagai stimulus untuk para pengusaha di masa pandemi Covid-19.

"Pembayaran THR estimasi dari anggaran yang masuk ke pasar Rp215 triliun," jelasnya.

Ia berharap konsumsi masyarakat pada momen Lebaran 2021 meningkat. Dengan demikian, ekonomi kuartal II 2021 bisa tumbuh positif.

"Dan dana itu bisa membeli gabah rakyat 440 ribu (ton)," kata Airlangga.




Berita Lainnya

Ramadhan Bulan Gotong-Royong

15/04/2021 15:37 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA