Sunday, 13 Jun 2021
Temukan Kami di :
News

Ini Pertimbangan Hakim Tolak Eksepsi Habib Rizieq di Kasus Swab RS Ummi Bogor

Menimbang bahwa setelah membaca dan mengkaji surat dakwaan atas nama Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq Shihab majelis hakim berpendapat bahwa surat dakwaan tersebut sudah memenuhi syarat formil suatu surat dakwaan

Aisyah Isyana - 07/04/2021 13:11

Beritacenter.COM - Eksepsi atau nota keberatan Habib Rizieq Shihab (HRS) terkait kasus swab palsu RS Ummi Bogor, ditolak majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur. Pertimbangan hakim menolak eksepsi itu, lantaran menilai dakwaan yang diberikan jaksa penuntut umum (JPU) sudah memenuhi syarat formil.

"Menimbang bahwa setelah membaca dan mengkaji surat dakwaan atas nama Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq Shihab majelis hakim berpendapat bahwa surat dakwaan tersebut sudah memenuhi syarat formil suatu surat dakwaan," ujar Ketua Majelis Hakim Khadwanto di ruang sidang PN Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021).

Baca juga :

Dalam hal ini, Kadwanto menyebut isi pokok dakwaan itu telah memuat mengenai identitas lengkap terdakwa. Bahkan, tindakan yang didakwakan juga sudah diuraikan sesuai dengan waktu dan tempat.

Tak hanya itu, alasan majelis hakim menolak eksepsi lantaran menimbang isi dari nota keberatan terdakwa dan penasihat hukum sudah dianggap masuk dalam pokok perkara. Khadwanto menilai, pokok perkara harus lebih dulu diperiksa di persidangan.

"Sebagaimana eksepsi terdakwa, tidak masuk ke dalam lingkup keberatan karena sudah masuk dalam pokok perkara," katanya.

Setelah menolak eksepsi HRS, majelis hakim kemudiam meminta jaksa penuntu umum (JPU) untuk menghadirkan saksi pada pekan depan, atau Rabu (14/4/2021). Rencananya, jaksa akan menghadirkan lima saksi di persidangan pekan depan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA