Saturday, 24 Jul 2021
Temukan Kami di :
News

MUI Palembang Minta Ceramah Ramadan Tak Lebih dari 20 Menit

Dewi Sari - 07/04/2021 09:16

Beritacenter.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Palembang meminta kepada para penceramah untuk dapat mengatur durasinya di bulan Puasa. Hal itu dituangkan melalui surat edaran terkait ibadah Ramadan di masa pandemi Covid-19

Ketua MUI Palembang Saim Marhadan mengatakan durasi ceramah ideal dalam situasi ini tak lebih dari 20 menit. Penceramah harus lebih cakap agar isi tausiah dapat tersampaikan dengan baik.

"Kami imbau paling lama 20 menit, kita lihat kondisi, kita atur durasinya karena masih pandemi," ungkap Saim, Selasa (6/4).

Menurut dia, pihaknya sengaja tidak menerbitkan surat edaran terkait waktu ceramah selama Ramadan. Namun, aturan tak tertulis bisa dipahami penceramah, baik saat ceramah jelang tarawih maupun sehabis salat Subuh.

"Kami juga tidak ada mengatur jemaah salat di masjid atau di musala atau juga di rumah. Tergantung jemaah sendiri," kata dia.

Pengurus masjid dan musala harus memfasilitasi jemaahnya untuk menerapkan protokol kesehatan. Jemaah diimbau mengenakan masker dan membawa sajadah sendiri dari rumah untuk mencegah penularan virus.

"Saf juga diatur berjarak, tapi jangan terlalu jauh, disesuaikan sendiri melihat situasinya," tutup dia.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA