Tuesday, 22 Jun 2021
Temukan Kami di :

Ini Sederet Dampak Negatif Keseringan Bergadang, No 3 Ngeri Banget...

Baharuddin Kamal - 06/04/2021 22:00 Ilustrasi.

Beritacenter.COM - Tahukah Anda bahwa orang dewasa harus memiliki waktu tidur yang cukup agar fungsi metabolisme tubuh bisa bekerja dengan baik. Menurut penelitian dari sekolah kedokteran Universitas Stritch Loyola Chicago, waktu tidur yang baik adalah 8-10 jam per hari. Ada beberapa dampak negatif dari kekurangan tidur atau begadang, lho.

Beberapa dampak begadang bagi tubuh Anda yakni dapat memengaruhi fungsi kerja otak, menambah berat badan, menurunkan libido, dan meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes, jantung, dan kanker. Selain buruk bagi kesehatan, ternyata begadang juga memiliki dampak negatif pada kesehatan kulit Anda. Beberapa dampak negatif begadang bagi kesehatan kulit Anda antara lain sebagai berikut:

1. Membuat wajah lebih tua
Dampak negatif dari begadang terlalu sering adalah akan membuat wajah Anda terlihat jauh lebih tua. Kebiasaan begadang akan membuat kulit wajah Anda memiliki tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput dan muncul bintik-bintik hitam.

Saat sedang tidur, tubuh akan membentuk zat kolagen yang berfungsi untuk menutrisi dan menjaga kesehatan kulit. Nah, ketika Anda kurang tidur, produksi zat kolagen pun akan berkurang. Hasilnya, kulit wajah akan memiliki kerutan lebih banyak dan menjadi lebih kering.

2. Memicu timbulnya jerawat
Kurang tidur juga akan mengganggu kesehatan mental dan membuat Anda stres. Jika Anda mengalami stres dalam kurun waktu yang lama, dapat menyebabkan hormon kortisol meningkat di dalam tubuh. Hasilnya, Anda akan lebih mudah berjerawat karena hormon kortisol akan membuat kulit wajah rentan terhadap peradangan dan meningkatkan produksi minyak di wajah.

3. Kulit wajah kusam
Salah satu dampak negatif begadang yang ditakutkan sebagian besar perempuan yakni kulit wajah kusam. Efek begadang akan membuat warna kulit semakin kusam. Pasalnya, ketika Anda begadang, sistem kekebalan tubuh menurun dan peradangan pada kulit pun akan meningkat.

Bila peradangan kulit meningkat, produksi asam hyaluronic pada tubuh yang memiliki fungsi untuk mempertahankan tingkat kecerahan kulit akan berkurang. Jika Anda kekurangan asam hyaluronic tentu akan menyebabkan kulit Anda menjadi jauh lebih kusam.

4. Menimbulkan kantung mata yang besar
Tahukah Anda setiap orang memiliki pembuluh darah kecil yang terletak di area bawah mata. Ketika Anda begadang atau mengalami kurang tidur, secara alami pembuluh darah di area bawah mata tersebut akan menghitam dan melebar sehingga membentuk kantong mata. Semakin sering Anda begadang maka pembuluh darah di bawah mata bisa semakin menebal dan menghitam.

5. Hormon kulit tidak merata
Selain 4 dampak efek negatif begadang di atas, kekurangan tidur juga dapat menyebabkan hormon kulit wajah Anda tidak merata dan membuat kulit wajah dehidrasi, muncul bintik merah, dan pecah-pecah. Hal ini disebabkan oleh efek begadang yang menurunkan tingkat kelembapan wajah dan mengganggu tingkat pH.

6. Munculnya noda hitam pada kulit wajah
Dampak begadang yang terakhir adalah munculnya noda hitam pada kulit wajah. Hal ini dapat terjadi karena pada saat Anda tidur, tubuh Anda melakukan regenerasi sel hingga pada sel kulit. Ketika Anda kurang tidur, sel kulit Anda tidak melakukan regenerasi dan membuat noda hitam pun muncul. Pastikan Anda tidur dengan cukup dan memakai produk perawatan kulit untuk mengurangi munculnya noda hitam.




Berita Lainnya

Teladan Moral Buya Syafii Maarif

12/06/2021 08:00 - Indah Pratiwi

Polisi Ringkus Lima Pengedar Narkoba

08/06/2021 22:30 - Dewi Sari

SATU LAGI PEREMPUAN RAJAWALI TERBANG TINGGI

07/06/2021 21:00 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA