Monday, 12 Apr 2021
Temukan Kami di :
Opini

Membangun Perlawanan Pada Kelompok Radikal

Indah Pratiwi Budi - 05/04/2021 13:10 Oleh : Agung Wibawanto

Sejenak, mari kita menenangkan diri lalu berpikir jernih. Saya paham kita semua marah dan muak dengan praktik-praktik intoleransi dan radikalisme. Doktrin tersebut dimasukkan melalui pengajian, pelatihan dasar hingga ruang-ruang pendidikan formal.

Pengajaran kepada jemaah maupun santri tersebut menjadikan mereka sebagai generasi yang anti sosial dan melawan terhadap simbol-simbol bangsa dan negara. Mereka bisa menjadi jemaah, kader, laskar (perang) hingga siap mati syahid dengan bom bunuh diri.

Semua itu sudah banyak bukti dan kejadiannya. Mulai dari ustadz dan ulama serta tokoh agama yang berceramah, sistem pembelajaran di sekolah, hingga peristiwa persekusi, kekerasan fisik, pengerusakan, perang bersama ISIS juga peledakan bom.

Yang saya tangkap dari keresahan banyak warganet +62 terkait bahaya laten intoleran, radikalisme dan terorisme adalah soal tindakan apa yang harus dilakukan terhadap mereka yang terindikasi melakukan kegiatan dan berafiliasi kepada organisasi teroris?

Kalau yang sudah mati ya sudah lah ya. Begitu pun yang sudah ketangkap pasti masuk proses hukum. Yang lumayan berbahaya adalah orang2 yang masih bebas yang saya sebut tadi, seperti: ustadz dan tokoh agama yang mengajarkan jihad hingga mati syahid.

Terutama mati syahid dengan berperang dan bom bunuh diri dianggap sebagai keharusan ataupun kewajiban kaum muslim. Menegakkan khilafah, intoleran, kekerasan atas nama agama dsb. Jika punya ide, silahkan enaknya diapakan orang seperti itu?

Dengan satu syarat, gak usah pakai ngegas ataupun menghujat. Karena ini dinamakan usulan bukan memaksakan kehendak. Jika terbentur oleh hukum ataupun peraturan perundang-undangan ya akan diusulkan pula perubahan UU. Kalau silent majority ingin bersuara, inilah saatnya.

Sumber : Status Facebook Agung Wibawanto




Berita Lainnya

Soal Vaksin, Indonesia Terbaik Se Asia Pasifik

10/04/2021 13:30 - Indah Pratiwi Budi

WASPADA...! Ancaman Terorisme di Tengah Pandemi

09/04/2021 13:00 - Indah Pratiwi

Masa Depan Terorisme di Indonesia

09/04/2021 10:33 - Indah Pratiwi Budi

Ciri-Ciri Teroris yang Bekerja di Media Sosial

08/04/2021 16:04 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA