Monday, 12 Apr 2021
Temukan Kami di :
Opini

Prabowo Atau Ganjar?

Indah Pratiwi - 31/03/2021 08:37 Oleh : Budhiuss Ma'ruf

Figur pengganti Presiden Jokowi pasca 2024 nanti, saat ini sudah mulai ramai diperbincangkan. Pergantian presiden sebagai sesuatu yg sejatinya berjalan normal dan biasa-biasa saja, kini menjadi tidak biasa lagi..

Setidaknya ada dua faktor penyebabnya.. Pertama, faktor raihan prestasi kerja Presiden Jokowi saat ini, yang dinilai sebagian besar rakyat Indonesia, jauh melampaui prestasi presiden sebelumnya. Di era Jokowi dinamika demokrasi berjalan semarak, namun tetap dalam kendali yang sangat terukur. Sehingga suasana kantibmas dan keamanan tetap kondusif. Di era Jokowi, kemajuan pembangunan secara fisik dan sumberdaya manusia, sangat signifikan. Hal itu tampak kasat mata dirasakan mayoritas rakyat Indonesia, secara lebih merata. Raihan prestasi kerja Jokowi ini, berbanding terbalik dengan era 10 tahun SBY berkuasa, yg lbh cendrung jalan ditempat.

Faktor kedua adalah, belum munculnya figur pengganti yg dinilai punya karakter yg sama dengan Jokowi.. Sejumlah tokoh yg memiliki popularitas tinggi seperti Prabowo, Ganjar, Sandi, Airlangga, Erick Thohir, Risma, Anies dan RK diyakini publik ada setingkat dibawah kemampuan kerja Presiden Jokowi saat ini.

Itulah yg membuat diskursus Jokowi tiga periode, tiba-tiba ramai di meja publik. Seolah-olah rakyat khawatir, sepeninggal Jokowi, Indonesia akan kembali jalan ditempat, bahkan mundur dari kemajuan yg sudah dicapai. Meski Jokowi sendiri tidak Setuju dengan wacana lanjut 3 periode tsb, namun tidak serta merta ketidak setujuan Jokowi itu, meredupkan gagasan itu bergerilya di akar rumput. Apalagi sejumlah pakar hukum tatanegara menyebutkan, ada ruang memang untuk wacana itu dibuatkan legal standing nya, dan tidak menabrak konstitusi . Tentu saja hal itu semuanya tergantung dari dinamika politik yg berlangsung di markas politisi Senayan. Banyak faktor yg wajib ditimbang matang, untuk merealisasikan wacana 3 periode itu..

Nah, jika kita berasumsi, Jokowi selesai hanya pada 2024, maka siapa kah yg lebih berpeluang, dan mendekati sama gaya kepemimpinan nya dengan Jokowi..?

Saya membidik dua nama yg relevan. Pertama, Prabowo. Prabowo relevan karena lebih berpeluang. Popularitas dan elektabilitas nya masih yg tertinggi saat ini. Prabowo juga memiliki kendaraan politik yg meyakinkan hingga saat ini. Sebagai owner dan pimpinan tertinggi Gerindra, kepastian Prabowo akan diusung partainya bulat 200% sbg Capres 2024.

Nama kedua adalah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Ganjar saya identifikasi relevan sbg penerus kepemimpinan Jokowi karena alasan jam terbang yg tinggi memimpin Jawa Tengah, selama dua periode. Pemahaman birokrasi yang baik, dan mampu bekerja kreatif dalam memaksimalkan anggaran pembangunan di daerah nya, membuat Ganjar memiliki tipologi kerja yg mirip dgn Jokowi. Selain itu, kemiripan lainnya Ganjar dgn Jokowi adalah dalam hal kesederhanaan dan kedekatannya dengan rakyat. Bagi saya, itu poin yg sangat berbobot yg dimiliki Ganjar, untuk tetap relevan sbg penerus Jokowi.

Baik Prabowo maupun Ganjar, kedua-duanya tidak memiliki dua kriteria ideal, untuk bisa sama seperti Jokowi. Prabowo berpeluang terpilih dan menang, namun tidak memiliki kecakapan pemahaman birokrasi yg teruji, dan berjarak dengan rakyat. Prabowo juga berpotensi untuk lambat bergerak dan bertindak kedepannya, karena apapun Prabowo adlah bagian dari keluarga Cendana. Sedikit atau banyak, tentu Prabowo sulit untuk menghindar dari kepentingan anak-anak Pak Harto, eyang kakungnya, putra semata wayang Prabowo dengan Titiek Soeharto. Jelas situasi ini akan menghambat keberpihakan Prabowo hanya untuk dan demi rakyat, sebagaimana di yg sdh ditunjukkan Jokowi selama ini..

Sebaliknya, Ganjar, peluangnya tidak sebagus Prabowo. Meski cukup populer dan masuk 3 besar secara elektabilitas, namun Ganjar memiliki kedekatan cara kerja dan kultur kerja yg mirip dengan Jokowi.

Akan idial jika sosok Prabowo memiliki gaya seperti Ganjar Pranowo, dan sebaliknya juga akan idial jika Ganjar memiliki keistimewaan yg tinggi seperti yg dimiliki Prabowo, sbg owner dan pemimpin tertinggi partai politik..

Akankah jalan keluarnya adalah dengan mereka dipasangkan berdua pada saat Pilpres nanti?

Akan saya ulas pada postingan saya berikutnya nanti..

Sumber : Status Facebook Budhiuss Ma'ruff




Berita Lainnya

Soal Vaksin, Indonesia Terbaik Se Asia Pasifik

10/04/2021 13:30 - Indah Pratiwi Budi

WASPADA...! Ancaman Terorisme di Tengah Pandemi

09/04/2021 13:00 - Indah Pratiwi

Masa Depan Terorisme di Indonesia

09/04/2021 10:33 - Indah Pratiwi Budi

Ciri-Ciri Teroris yang Bekerja di Media Sosial

08/04/2021 16:04 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA