Tuesday, 21 Sep 2021
Temukan Kami di :
Keuangan

3 Tips Hadapi Tantangan dalam Karir

Dewi Sari - 26/03/2021 09:05

Beritacenter.COM - Setiap manusia pasti memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari kehidupan hingga dalam dunia kerja yang semuanya tidak berjalan mulus. Pasti akan ada rintangan yang membuat seseorang merasa ingin menyerah hingga memutuskan berhenti kerja.

Tiada hari tanpa tantangan, terutama ketika menjalani pekerjaan. Apapun pekerjaan yang Anda jalani, pasti ada saja kendala yang perlu diatasi. Semakin besar dan banyak rintangan, semakin rentan kita kehilangan motivasi untuk menghadapinya.

Berikut tips untuk mengembalikan motivasi yang kerap dilakukan para entrepreneur dalam menghadapi tantangan, dikutip JobStreet.


1. Jangan Takut Gagal

Menurut William Tanuwijaya, co-founder dari Tokopedia, tantangan dalam entrepreneurship akan selalu ada. Perusahaannya sendiri pun tidak langsung berdiri pada 2009. Tentu William menghadapi berbagai kendala saat merintis Tokopedia.

Pada awal Tokopedia lahir, William berkisah, Tokopedia hanya berisi kegagalan saja. Susah mencari modal, gagal networking, dan gagal mencari pegawai. Itu lah yang sering William rasakan saat dia mencoba mendirikan Tokopedia. Namun, dari kegagalan itu lah dia banyak belajar. William melihat kalau kegagalan itu seperti internet, ada kuotanya.

"Saya belajar kuota kegagalan bisa habis. Jadi, gagal lah sebanyak-banyaknya mumpung masih bisa," kata William.

Pengalamannya menghadapi kegagalan lah yang membuat Tokopedia bisa sebesar sekarang. Di tahun 2018 Tokopedia mengeluarkan kampanye yang terinspirasi dari pengalaman William saat membangun perusahaannya tersebut yang berbunyi: Mulai Aja Dulu. Dengan kampanye tersebut William mengajak orang-orang untuk berani memulai sesuatu dan jangan takut untuk gagal.

2. Ketahui Kekurangan

Pangeran Siahaan percaya kalau tidak ada orang yang bisa melakukan semua hal sendiri. Hal itu diungkapkannya berdasarkan pengalamannya saat mendirikan institusi media seperti Asumsi dan Box2Box. Maksud dari perkataan pria yang sering dipanggil Pange ini adalah setiap orang pasti memiliki kekurangannya masing-masing.

Pange sendiri menyadari bahwa kekurangan yang ada pada dirinya adalah dana. Ketika dia ingin membuat perusahaannya lebih besar lagi, dia membutuhkan dana investor. Pange sendiri pun tau apa yang bisa dijualnya kepada investor nantinya, yaitu dirinya bukan produknya.

"Karena kalau belum sampai ke titik yang bener-bener bisa besar banget, yang dilihat adalah, ini founder-nya bisa nggak sih jalanin bisnis ini, bisa nggak sih kalau ada masa-masa sulit dia survive? Bisa nggak sih kalau model bisnisnya nggak jalan dia bikin model yang baru?" ucap Pange.

Mengetahui kekurangan diri kita sendiri adalah modal yang penting untuk menjalankan sebuah bisnis, tambah Pange. Setelah kita mengetahui kekurangan kita apa, kelilingi lah kita dengan orang-orang yang bisa melengkapi kekurangan itu. Sekarang Asumsi sendiri perlahan tapi pasti telah menjadi portal media yang besar dan terpercaya. Sementara itu, Box2box sudah menaungi 50 podcast dan mencapai lebih dari 1 juta pendengar.

3. Hadapi dengan Maksimal dan Terus Berkembang

Ketika sedang mengembangkan produk Face Base untuk brandnya BLP Beauty, Lizzie Parra dihadapkan oleh berbagai tantangan. Salah satu tantangan terbesar yang dialaminya disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020.

Pandemi menambah tantangan untuk Lizzie Parra dan timnya untuk membentuk campaign produk terbaru saat itu, yaitu Face Base. Walaupun dihadapkan dengan banyak tantangan, Lizzie dan tim BLP tetap menjalankan proses pembuatan campaign dengan resource yang seadanya.

Campaign untuk Face Base menerima banyak kritik dan bahkan dianggap tidak inklusif. Lizzie dan tim BLP mendengar kritik-kritik tersebut dan tetap maju untuk melanjutkan inovasi sehingga dapat mengembangkan produk Face Base menjadi lebih inklusif dan merealisasikan campaign yang lebih baik dari sebelumnya.

"Karena kita adalah perusahaan yang masih berkembang kita berusaha untuk memberi apa yang kita bisa," ucap Lizzie dalam vlognya ketika menceritakan perjuangannya mengembangkan Face Base dan campaign untuk produk tersebut.

Kini, Face Base telah menjadi salah satu produk unggulan BLP Beauty yang dicintai oleh para pecinta makeup di Indonesia.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA