Sunday, 13 Jun 2021
Temukan Kami di :
Teknologi

China dan Rusia Sepakat Kerjasama Bangun Stasiun Penelitian Luar Angkasa di Bulan

Aisyah Isyana - 11/03/2021 10:30

Beritacenter.COM - China bersama Rusia telah sepakat untuk membangun International Lunar Research Station (ILRS) atau stasiun penelitian luar angkasa di Bulan. Adanya kerja sama dua negara ini menandakan era baru dalam dunia antriksa, utamanya dalam hal eksploarsi bulan.

Nantinya, ILRS yang digambarkan sebagai basis eksperimen ilmiah komprehensif akan dibangun diatas permukaan bulan, atau pada orbit maupun di keduanya. Kedepannya, fasilitas ini juga disebut dapat digunakan oleh negara-negara lain.

Baca juga :

Adapun pengumuman soal stasiun luar angkasa dibuklan ini diluncurkan jelang perayaan 60 tahun penerbangan luar angkasa berawak pertama Rusia. Dimana Badan antariksa Rusia, Roscosmos, telah membuat kesepakatan dengan Administrasi Luar Angkasa Nasional China untuk mebuat fasilitas penelian di Bulan.

"China dan Rusia akan menggunakan pengalaman mereka yang terakumulasi di bidang ilmu ruang angkasa, penelitian dan pengembangan dan penggunaan peralatan luar angkasa, teknologi luar angkasa untuk bersama mengembangkan peta jalan untuk pembangunan stasiun penelitian ilmiah internasional bulan," sebut pernyataan dalam bahasa Mandarin.

Laporan itu juga menyebutkan jika Rusia dan China akan berkolaborasi dalam perencanaan desain, pengembangan hingga pengoperasian stasiun penelitian. Analis khusus yang bekerja pada program luar angkasa China, Chen Lan, menyebut proyek itu sebagai kesepakatan besar.

"Ini akan menjadi proyek kerja sama luar angkasa internasional terbesar bagi China, jadi ini sangat signifikan," ujar Chen Lan kepada kantor berita AFP.

Keberadaan ILRS diharapkan dapat melahirkan kegiatan penelitian penelitian ilmiah multi-disiplin dan multi-objektif, termasuk eksplorasi dan pemanfaatan, observasi berbasis Bulan, percobaan ilmiah dasar dan verifikasi teknis, serta operasi otonom jangka panjang, seperti dikutip Space News, Kamis (11/3/2021).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA