Wednesday, 22 Sep 2021
Temukan Kami di :
News

Personel Brimob Jaga Ketat Kemenkumham, Cegah Bentrokan Massa AHY-Moeldoko

Aisyah Isyana - 08/03/2021 14:40

Beritacenter.COM - Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama kader PD menyambangi kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), menyikapi adanya klaim kongres luar biasa (KLB) di Sumatera Utara (Sumut).

Pihak kepolisian terpantau melakukan penjagaan di depan gedung Kemenkumham, Senin (8/3/2021). Tampak ada sejumlah pasukan Brimob memakai rompi dan membawa tembakan gas air mata disiagakan di sekitar lokasi.

Baca juga :

Tak hanya personel Brimob, ada juga petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang standby untuk melakukan pengaturan lalu lintas. Ketika rombongan AHY tiba, lalin di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, atau didepan Kemenkumham, terpantau macet. Namun, hal itu tidak berlangsung lama dan situasi kembali normal seperti sedia kala.

"Sebanyak 3 kompi kita turunkan. Ini supaya sebenarnya menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) ya, supaya tidak ada bentrok antarkubu. Intinya ke arah sana," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah.

Azis berpesan agar para kader yang datang ke Kemenkumham untuk menaati protokol kesehatan COVID-19. Azis berharap, internal PD dapat mengingatkan para kadernya untuk senantiasa menaati protokol kesehatan.

Guna mengantisipasi timbulnya kerumunan, hanya beberapa orang saja yang diperkenankan untuk masuk ke gedung AHU Kemenkumham.

"Ya sudah komunikasi dengan pihak pengamanan dari Kumham sini, jadi yang boleh masuk di sini hanya beberapa orang yang sudah dipilih, yang mewakili suara saja. Yang lain di luar saja supaya tidak ada titik temu antara pendukung, gitu. Terus kemudian diimbau juga tetap jaga ketertiban, keamanan," tandas dia.

Sekedar diketahui, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terpantau tiba di Gedung Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Senin (8/3) sekira pukul 10.35 WIB. Berkacamata hitam, Agus didampingi 34 Ketua DPD se-Indonesia serta ratusan pengurus PD.

"Saya bersama sekjen PD dan segenap pimpinan dewan pimpinan pusat PD termasuk anggota DPR RI PD Komisi III. Dan yang spesial tentu karena saya hari ini didampingi oleh 34 Ketua Dewan Pimpinan Daerah atau DPD mewakili seluruh ketua DPC dan kader PD di Indonesia, Aceh-Papua mereka pemilik suara yang sah," kata AHY kepada wartawan.

AHY menyebut pihaknya menyerahkan surat keberatan ke Menkumham Yassona Laoly terkait kegiatan yang diklaim KLB Deli Serdang. AHY meminta Yassona memutuskan KLB tersebut ilegal.

"Saya hadir hari ini dengan niat yang baik untuk menyampaikan surat resmi kepada Menteri Hukum dan HAM dan jajaran Kemenkumham untuk menyampaikan keberatan agar Kemenkumham menolak dan menyatakan bahwa gerakan pengambilalihan kekuasaan atau kepemimpinan PD melalui yang para pelaku klaim sebagai KLB tanggal 5 Maret di Deli Serdang sebagai kegiatan ilegal kegiatan, inkonstitusional kami sebut KLB abal-abal," ujarnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA