Friday, 24 Sep 2021
Temukan Kami di :
Investasi

Miras dalam Konteks Negara Bukan Hanya Urusan Halal Haram Saja

Indah Pratiwi Budi - 04/03/2021 09:35 Oleh : Alim

Jadi, soal miras ini setidaknya ada 5 aspek:

1. Regulasi miras

2. Legalisasi miras

3. Pengaturan investasi miras

4. Halal-haram miras

5. Miras dan kesehatan

Beberapa orang kemarin salah paham tulisan saya yang membahas simalakama (regulasi) miras. Dikiranya saya bahas legalisasi bahkan menghalalkan miras sampai ada yang blokir saya segala padahal sudah ada disclaimer di akhir tulisan. Tapi yo rapopo, wong salah paham tu biasa.

Legalisasi itu jelas sudah terjadi lama, bahkan ada pemda yang tidak hanya melegalkan miras tapi juga punya saham di perusahaan produsen miras dengan deviden milyaran. Saya nggak ngrembug itu. Soal halal haram tidak dibahas, sudah tahu semua.

Saya kemarin juga nggak bahas perpres yang ramai itu, itu soal pengaturan investasi yang kaitannya tidak hanya soal produksi di beberapa kota, tapi juga soal konsekuensinya terhadap persaingan bisnis import vs produsen dalan negeri. Bagaimanapun pelaku import miras akan dapat pesaing dari produsen lokal.

So, kemarin yang saya bahas adalah konsekuensi kesehatan ethanol dan methanol, serta simalakamanya kalau diregulasi vs tanpa regulasi.

Sebagai negara hukum, menurut saya ya harus ada regulasi, jangan dibiarkan liar. Kalau tanpa hukum, bila ada yang merasa dirugikan ya nggak bisa nuntut. Memang lalu persoalannya bagimana regulasi yang akan dibentuk. Tapi prinsip dasarnya harus ada regulasi.

Beberapa regulasi yang penting misalnya pembatasan tempat penjualan, batasan usia konsumen, batasan kadar alkohol dan kandungan lain dan regulasi minuman keras oplosan dan bahan-bahan kimia berbahaya.

Lebih dari itu, di atas regulasi hukum, masih banyak yang perlu dibereskan, misalnya di level edukasi.

Demikian.

Dah, sekian... nanti bahas yang lain aja.

Sumber : Status Facebook Alim




Berita Lainnya

PERTAMINA UJI COBA BIOAVTUR

11/09/2021 13:10 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA