Saturday, 06 Mar 2021
Temukan Kami di :
News

Menteri KKP Terbitkan Aturan Penataan Kabel dan Pipa Bawah Laut

Dewi Sari - 23/02/2021 19:27

Beritacenter.COM - Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP) menerbitkan aturan baru untuk mengatasi persoalan kabel maupun pipa yang berada di bawah laut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan kebijakan itu dilakukan melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan (Kepmen KP) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Alur Pipa dan/atau Kabel Bawah Laut yang terbit pada 18 Februari 2021.

"Alur Pipa dan Kabel Bawah Laut sebagaimana dimaksud merupakan acuan dalam penyelenggaraan pipa dan kabel bawah laut,"ujar Trenggono saat rapat koordinasi lintas sektor secara virtual yang dipimpin oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (23/2/2021).

Trenggono mengatakan peta alur pipa itu terdiri dari 217 segmen kabel bawah laut dan 43 segmen pipa bawah laut. Termasuk di dalamnya empat landing stations (LS) sistem komunikasi kabel laut (SKKL) internasional, meliputi Jayapura, Batam, Kupang dan Manado.

Trenggono menilai saat ini terjadi permasalahan tumpang tindih kabel maupun pipa dibawah laut yang menjadi perhatian pemerintah sejak tahun 2020.

KKP akan bekerja sama dengan beberapa kementerian terkait untuk penataan kabel maupun pipa di bawah laut sangat penting agar pemanfaatan ruang laut lebih optimal.

Trenggono nantinya akan melakukan sosialisasi di sejumlah titik "Alternatif lokasi sosialisasi yaitu Jakarta, Batam, Manado Kupang, dan Jayapura.

KKP mengusulkan adanya pertemuan lintas-sektor membahas proses bisnis penyelenggaraan pipa maupun kabel bawah laut sesuai dengan ketentuan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja; PP 21/2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang; dan PP 24/2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

 

 

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA