Saturday, 06 Mar 2021
Temukan Kami di :
News

Cegah Banjir, PKS ke Pemprov DKI : Awas Sampah, Pompa Air, Hingga Ritme Aliran Air

Berkaitan peringatan BMKG akan terjadinya hujan lebat maka antisipasi yang harus dilakukan Pemda dalam waktu dekat. Satu harus membersihkan sampah-sampah yang ada di aliran sungai dan pintu-pintu air agar aliran air tidak tersumbat dan langsung mengalir ke hilir atau laut

Aisyah Isyana - 23/02/2021 11:50

Beritacenter.COM - Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta meminta agar Pemprov DKI agar dapat segera menyelesaikan masalah sampah dan pompa air, guna mengantisipasi banjir. Mengingat BMKG telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan di wilayah Jabodetabek, 23-24 Februari.

"Berkaitan peringatan BMKG akan terjadinya hujan lebat maka antisipasi yang harus dilakukan Pemda dalam waktu dekat. Satu harus membersihkan sampah-sampah yang ada di aliran sungai dan pintu-pintu air agar aliran air tidak tersumbat dan langsung mengalir ke hilir atau laut," kata Penasehat Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Nasrullah, Senin (22/2/2021).

Baca juga :

Selain itu, Nasrullah juga meminta agar Pemprov DKI segera memperbaiki pompa air yang rusak tersangkut sampah. Kemudian, Pemprov DKI juga diminta untuk mengatur ritme aliran air di pintu air.

"Memonitor dan memperbaiki pompa-pompa air yang rusak akibat tersangkutnya sampah ataupun benda lainnya. Ketiga, mengatur ritme aliran air di situ-situ dan tempat-tempat penampungan air agar tidak bersamaan pembuangan ke sungai atau aliran air yang mengakibatkan meluapnya aliran sungai dan membanjiri sepanjang bantaran sungai," sebutnya.

Nasrullah juga meminta agar dinas terkait untuk memastikan jika sungai benar-benar bersih dari sampah. Terlebih, terhadap sungai-sungai yang rawan memicu terjadinya banjir.

"Berkoordinasi dan bekerjasama antara SDA dan LH dan kebersihan dalam menangani kebersihan aliran sungai dan tempat-tempa lainnya yang menjadi sumber kebanjiran," katanya.

Selanjutnya, Nasrullah juga berpesan agar masyarkat dapat lebih meningkatkan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Tak hanya menggangu kebersihan, masalah sampah dapat memicu terjadinya banjir.

"Meminta kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan seenaknya sehingga mengganggu kebersihan dan lingkungan hidup," jelas dia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA