Friday, 07 May 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

7 Manfaat Minum Jus Mentimun untuk Kesehatan

Dewi Sari - 13/02/2021 14:07

Beritacenter.COM - Mentimun merupakan sayuran yang biasa digunakan sebagai lalapan. Mentimun memiliki kandungan untuk kesehatan pada tubuh kita.

Tapi tahukah anda, mentimun bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Karena banyak mengandung air, mentimun bisa menjadi opsi minuman segar sekaligus menyehatkan. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rajin mengonsumsi jus mentimun setiap hari.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mentimun mengandung vitamin K sehingga bisa dijadikan sebagai cara untuk memenuhi zat tersebut di dalam tubuh. Satu cangkir mentimun mengandung 19 persen dari asupan harian yang disarankan untuk kebutuhan vitamin K.

Keberadaan vitamin K dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K diperlukan tubuh untuk membantu membentuk protein yang dibutuhkan untuk membuat tulang dan jaringan yang sehat. Vitamin K juga penting untuk membantu proses pembekuan darah.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ada banyak zat menguntungkan yang terkandung dalam mentimun. Tak hanya vitamin K, mentimun juga mengandung silikon, fluorin, dan memiliki kadar kalori yang rendah. Hal ini membuat timun mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.

Ginjal adalah salah satu organ yang penting di dalam tubuh. Organ ini berfungsi untuk menyaring dan membuang limbah, seperti racun, garam berlebih, dan urea. Sehingga penting untuk memastikan agar ginjal tetap sehat untuk menjalankan fungsinya.

3. Mencegah Dehidrasi

Mentimun kaya akan kandungan air. 95,2 persen dari bagian mentimun adalah air. Oleh sebab itu, mengonsumsi mentimun dapat membantu memenuhi kebutuhan air untuk tubuh.

Pada umumnya, tubuh manusia membutuhkan enam hingga delapan gelas air per hari untuk memenuhi kebutuhan harian. Jika hanya minum air membuatmu merasa bosan, tak ada salahnya kamu minum jus mentimun ini.

4. Mencegah Kerusakan Sel

Mentimun juga mengandung zat yang disebut antioksidan. Zat ini berperan penting untuk membantu mencegah dan menunda kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu beberapa gangguan kesehatan seperti degenerasi mata, penyakit jantung, hingga diabetes.

Studi menunjukkan jika antioksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan ini. Inilah alasan mengapa kamu harus mengonsumsi buah dan sayuran dengan kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk mentimun.

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Tumbuhnya sel kanker dapat disebabkan karena radikal bebas. Studi awal menunjukkan jika mentimun dapat membantu melawan kanker. Sebab selain antioksidan, mentimun juga mengandung senyawa yang disebut cucurbitacins dan lignan, yang mungkin berperan dalam melindungi kita dari kanker.

Melansir dari Health Line, studi di Journal of Cancer Research menyarankan jika diet flavonoid fisetin, yang didapatkan dari mentimun, dapat membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Mentimun mengandung kalium yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebab, kalium dapat berfungsi untuk mengatur jumlah garam pada ginjal.

Pada penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, dalam tubuh mereka biasanya terdapat kadar sodium yang tinggi. Kadar sodium membuat kadar air di tubuh menjadi tidak seimbang yang memicu meningkatnya tekanan darah. Kalium diperlukan untuk menetralkan kadar ini.

7. Membantu Kulit Tetap Sehat

Kandungan air pada mentimun dapat membantu menenangkan kulit baik dari dalam maupun luar. Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik akan membuatnya tampak lebih sehat. Sebab saat tubuh terhidrasi dengan baik maka hal itu akan mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Selain itu, mentimun juga mengandung asam pantotenat (vitamin B5) yang tinggi. Zat ini biasa digunakan untuk mengobati jerawat.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat mentimun di atas, tak ada salahnya mulai sekarang kamu mencoba minum jus mentimun setiap hari. Caranya cukup mudah. Haluskan mentimun yang sudah dikupas dan dicuci bersih menggunakan blender. Jika perlu kamu bisa menambahkan gula dan potongan es batu. Jus mentimun siap dinikmati.




Berita Lainnya

8 Cara Agar Maag Tidak Kambuh saat Berpuasa

05/05/2021 16:00 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA