Thursday, 13 May 2021
Temukan Kami di :
Nasional

SAH ! Jaksa Pinangki Divonis 10 Tahun Penjara-Denda Rp600 Juta

Baharuddin Kamal - 08/02/2021 20:10

Beritacenter.COM - Ketua Majelis Hakim Ignatius Eko Purwanto resmi memvonis Jaksa Pinangki Sirna Malasari 10 tahun penjara terkait kasus Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra. Pinangki terbukti bersalah lantaran membantu pengurusan fatwa bebas untuk terpidana kasus Cassie Bank Bali yang dilakukan Djoko Tjandra.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Pinangki Sirna Malasari dengan pidana penjara selama 10 tahun penjara dikurangi masa tahanan. Dan menjatuhkan pidana denda sebesar Rp600 juta subsider 6 bulan," ujarnya di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (8/2/2021).

Dalam kasus tersebut, lanjut Eko, banyak hal yang memberatkan salah satunya yakni Jaksa Pinangki seorang aparat penegak hukum, menutupi pihak lain dan berbelit-belit. "Dan tidak mengakui kesalahannya dan menikmati hasil kejahatannya," katanya.

Sementara itu, hal yang meringankan mantan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II Biro Perencanaan Jaksa Agung Muda Pembinaan di Kejaksaan Agung itu belum pernah dihukum dan tulang punggung keluarga. "Terdakwa memiliki anak berusia 4 tahun," ungkapnya.

Putusan tersebut lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut. Dimana Pinangki dituntut pidana penjara 4 tahun penjara dikurangi masa tahanan. Dan menjatuhkan pidana denda sebesar Rp500 juta subsider 6 bulan.

 




Berita Lainnya

KEBUSUKAN PENYIDIK KPK DI BONGKAR WAKIL MENKUMHAM

11/05/2021 16:10 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA