Friday, 07 May 2021
Temukan Kami di :
Peristiwa

Usai Hujan Deras, 10 Hektare Sawah di Gunungkidul Terendam Air

Anas Baidowi - 01/02/2021 23:59

Beritacenter.COM - Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Gunungkidul sejak Sabtu (30/1) hingga Minggu (31/1). Akibatnya, lahan pertanian seluas 10 hektare di Kecamatan Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul terendam air.

Panewu Anom Girisubo, Arif Yahya mengatakan bahwa debit air mengalami peningkatan akibat hujan yang terus mengguyur kawasan lahan pertanian itu. Peningkatan debit air ini utamanya di sepanjang Sungai Bengawan Solo Purba.

Arif menerangkan jika lahan pertanian yang tergenang berada di sepanjang Sungai Bengawan Solo Purba. Dirinya pun menduga banjir ini karena hujan deras yang mengguyur wilayah Gunungkidul.

Arif menjabarkan debit air yang tinggi karena hujan deras ini membuat lahan pertanian tersapu. Bahkan karena tingginya debit air ini, membuat jembatan di Kelurahan Songbanyu ambruk.

Arif menuturkan lahan pertanian milik warga yang hilang tersapu aliran air di Sungai Bengawan Solo Purba ini mayoritas ditanami padi dan jagung. Total ada 10 hektar lahan pertanian yang tersapu aliran air.

"Total sekitar 10 hektar (lahan pertanian yang tersapu banjir). 10 hektar itu terpisah-pisah. Jadi ada yang di Bengawan Solo purba 6 hektar dan lainnya di selatan jembatan yang putus," ujar Arif, Senin (1/2/2021).

Arif menambahkan hingga siang ini terpantau debit air di Sungai Bengawan Purba ini masih cukup tinggi. Bahkan genangan pun masih terjadi.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA