Tuesday, 09 Mar 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Ada Transfer Lintas Negara ke Rekening FPI, Pengacara Angkat Bicara

Anas Baidowi - 24/01/2021 09:55

Beritacenter.COM - Kuasa hukum Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar angkat bicara terkait temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) adanya transfer lintas negara ke rekening Front Pembela Islam (FPI).

Menurut Aziz tranfer itu berkaitan dengan dana umat untuk bencana kemanuasiaan karena FPI dipercaya warga dunia.

"Itu tanda FPI dapat kepercayaan banyak warga dunia dalam mengelola dana umat untuk bencana kemanusian, anak-anak yatim dan bantuan bencana serta yang lainnya," kata Aziz, Minggu (24/1).

Aziz menambahkan, FPI selama ini memang fokus kepada bantuan kemanusian di berbagai negara yang mengalami penjajahan dan musibah seperti Palestina. Dan juga saudara-saudara kita di Rakhine Myanmar.

Sebelumnya, PPATK mendeteksi ada arus lalu lintas keuangan lintas negara terkait rekening FPI. Namun Kepala PPATK Dian Ediana Rae belum menjelaskan secara eksplisit dari siapa, berapa, kapan, untuk siapa?.

"Ya, ada. Dari penelusuran PPATK itu memang melihat keluar masuk dana dari negara lain," tutur Dian, Rabu (20/1).

PPATK telah memblokir sementara rekening milik FPI dan para pihak terafiliasi di berbagai bank nasional. Hingga 20 Januari, jumlah rekening yang diblokir mencapai 92 rekeing, dan kemungkinan akan terus bertambah.

PPATK kata Dian Rae belum sampai pada kesimpulan apakah FPI terkait dengan pendanaan terorisme. Juga belum dikaitkan dengan pelanggaran UU tindak pidana lainnya.

"Apakah FPI itu akan dikenakan UU mana, itu belum. Apakah dia terkait dengan pendanaan terorisme? belum juga disimpulkan begitu," katanya.

 




Berita Lainnya

'Dakwah' Berbahaya Yahya Waloni

08/03/2021 16:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA