Tuesday, 09 Mar 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

Inilah 4 Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan

Dewi Sari - 20/01/2021 18:45

Beritacenter.COM - Mengkonsumsi makanan pedas memang disukai oleh warga Indonesia. Hampir seluruh makanan ada varian pedasnya.

Seperti dilansir Penn Medicine, Selasa (19/1/20201), makanan pedas yang berasal dari cabai terbentuk karena adanya kapsiasin di dalamnya. Senyawa inilah yang berperan penting untuk menghasilkan rasa pedas dan sensasi terbakar.

Namun, tahukah anda memakan makanan pedas memiliki kesehatan untuk tubuh kita. Penasaran apa saja ? berikut 4 makanan pedas untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan jantung

Rasa pedas yang berasal dari cabai merah terbukti membuat penggemarnya memiliki kadar lipoprotein densitas yang rendah atau disebut kolesterol jahat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan penurunan berat badan

Cabai memiliki senyawa kimia bernama kapsiasin yaitu komponen aktif yang berperan sebagai penghasil rasa pedas dan sensasi terbakar. Kapsiasin ini yang dapat membantu mengurangi kalori bahkan saat beristirahat, sehingga bisa meningkatkan penurunan berat badan.

3. Sebagai pereda nyeri

Rasa terbakar saat memakan cabai akan sama sensasinya jika hal tersebut diterapkan pada saraf-saraf yang sedang nyeri. Saat kapsiasin digunakan sebagai lotion atau krim akan menyebabkan sedikit rasa panas, perih, dan gatal.

Seorang dokter di Penn Internal Medicine Woodbury Height Jeffrey Millstein mengatakan, "Seiring waktu saraf yang nyeri akan memiliki kemampuan untuk memproses rasa sakit. Ini dapat membantu kondisi seperti arthritis dan cedera."

4. Menjaga kesehatan usus

Saat kapsiasin masuk ke saluran pencernaan dan menempel di reseptor akan menciptakan bahan kimia anandamide yang terbukti mengurangi peradangan di usus.

 

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA