Tuesday, 09 Mar 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

9 Manfaat Kesehatan Rutin Konsumsi Ikan Salmon

Dewi Sari - 19/01/2021 13:35

Beritacenter.COM - Ikan salmon merupakan ikan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita salah satunya adalah jantung. Biasanya makanan ini disajikan dalam menu sushi.

Ikan ini memiliki nutrisi yang tinggi dan dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit yang ada pada tubuh kita. Penasaran apa saja, manfaat konsumsi ikan salmon untuk kesehatan?

Berikut 9 manfaat kesehatan mengkonsumsi ikan salmon untuk kesehatan.

1. Menurunkan tekanan darah

Salmon kaya akan asam lemak omega-3, asam eicosapentaenic (EPA), dan asam decosahexaenoic. Asam lemak omega 3 ini membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol "tidak sehat" dalam darah, dan peradangan sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut Dokter Simran Saini, ahli gizi di rumah sakit India, ikan salmon juga sangat baik untuk kesehatan otot jantung.

2. Sumber lemak sehat

Konsultan sekaligus ahli gizi, dr Rupali Dutta, mengatakan bahwa ikan salmon adalah sumber lemak sehat yang baik. Asupan EFA (asam lemak esensial) yang seimbang dan cukup dapat membantu membakar lemak tubuh dan memberi energi.

3. Ramah untuk penurunan berat badan

Menurut dr Rupali Dutta, ikan salmon disebut-sebut sebagai salah satu makanan penurun berat badan terbaik, karena proporsi protein tanpa lemaknya yang sangat besar. Ikan salmon memiliki lebih sedikit lemak jenuh daripada kebanyakan daging merah, dan protein dalam jumlah besar sehingga menjadi pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan yang sehat.

4. Kaya akan vitamin dan mineral

Dalam buku 'Healing Foods' dijelaskan bahwa ikan berlemak seperti salmon dengan vitamin A, D, E dan K dapat bermanfaat untuk sendi tulang, mata, otak, memperbaiki otot, dan mengatur keseimbangan metabolisme.

5. Meningkatkan daya ingat

Kaya akan asam lemak omega-3, ikan berlemak seperti salmon dapat membantu mempertajam otak dan meningkatkan retensi memori. Ia juga dikenal untuk mengurangi risiko demensia dan hilangnya fungsi mental.

6. Antiinflamasi

Rendah asam lemak omega 6 pro-inflamasi yang sudah melimpah dalam makanan modern, salah satunya dalam ikan salmon.

7. Membantu menjaga kesehatan kulit

Menurut dr Rupali Dutta, asam lemak esensial yang ada dalam salmon mendorong kulit untuk menahan air, membuatnya halus, kenyal, dan awet muda.

8. Menjaga tetap hangat

Kandungan padat energinya cocok dijadikan santapan saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh. Anda bisa memanggangnya, masukkan ke dalam salad, sandwich, atau kuah daging.

9. Memberi pelumas pada persendian

Asam lemak esensial dan segudang mineral yang ada dalam ikan salmon juga membantu memberikan pelumasan pada persendian. Ikan salmon membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan fleksibilitas.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA