Monday, 18 Jan 2021
Temukan Kami di :
News

Makan Waktu 2 Jam, KNKT Jelaskan Proses Pengunduhan Data FDR Black Box SJ182

Aisyah Isyana - 14/01/2021 18:35

Beritacenter.COM - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mulai melakukan pengunduhan terhadap data flight data recorder (FDR) black box pesawat Sriwijaya Air SJ182. Proses pengunduhan dapat berlangsung hingga dua jam lamanya.

KNKT juga mengunggah video tahapan proses pengunduhan FDR Sriwijaya Air. Sebelum data FDR diambil, terdapat beberapa proses yang harus dilakukan lebih dulu.

Baca juga :

"Proses pengunduhan data dari FDR Sriwijaya Air di mana KNKT telah menerima crash survivable memory units (CSMUs), yaitu bagian dari black box yang tahan banting, tahan benturan sampai dengan 250 g, dan tahan suhu sampai 1.000 derajat selama satu jam," ujar Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan, Nurcahyo Utomo, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, sebelum proses pengunduhan dilakukan, tahap awal yang dilakukan petugas adalah mengeluarkan CSMUs untuk dibersihkan kotorannya dari garam. Selanjtunya, dibersihkan kembali dengan air suling dan dibersihakn menggunakan alkohol.

"Dibersihkan dari kotoran terutama dari garam karena unit ini pernah tenggelam di laut. Setelah dibersihkan dilanjutkan proses pengeringan dengan open khusus selama 8 jam dan setelah kering akan dilanjutkan dengan pengunduhan data menghubungkan memori unit ini dengan unit flight data recorder yang masih bagus untuk diunduh datanya," jelasnya.

Nurcahyo menambahkan, proses yang akan dilakukan serupa dengan pengunduhan data dari sebuah CS ke player yang kondisinya masih bagi. Proses pengunduhan disebut dapat memakan waktu 2 jam jika tak ada kendala.

"Proses pengunduhan data diperkirakan memakan waktu 2 jam apabila lancar tanpa kendala," ujar Nurcahyo.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA