Saturday, 23 Jan 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

5 Manfaat Konsumsi Bawang Bombai untuk Kesehatan

Dewi Sari - 12/01/2021 13:02

Beritacenter.COM - Bawang bombai merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan untuk makanan.

Bawang ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah kandungan vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien.

Tapi tahukah anda bawang bombai memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Penasaran apa saja itu, berikut 5 manfaat kesehatan seperti dirangkum dari Boldsky, Senin (11/1/2021).

1. Memiliki sifat melawan kanker

Sifat allium dalam bawang bombai memiliki senyawa sulfur dan antioksidan flavonoid yang terbukti memiliki sifat melawan kanker. Selain itu, bawang bombai juga mengandung fisetin dan quercetin, antioksidan flavonoid yang dapat mencegah pertumbuhan tumor.

2. Mengatur kadar gula darah

Kandungan dalam bawang bombai yaitu kromium dan belerang membantu mengatur gula darah serta menurunkan gula darah. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang secara teratur bermanfaat bagi penderita diabetes atau pradiabetes.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Bawang bombai kaya akan inulin dan fruktooligosakarida prebiotik, dan jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

4. Menyehatkan jantung

Bawang bombai mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan efektif dalam meningkatkan kesehatan jantung.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Beberapa ahli menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang bombai dapat membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kadar antioksidan, dan mengurangi pengeroposan tulang sehingga membantu mencegah osteoporosis serta meningkatkan kepadatan tulang.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA