Friday, 30 Jul 2021
Temukan Kami di :
News

Tim Densus-BNPT Kawal Perjalanan Abu Bakar Ba'asyir ke Ngruki Sukoharjo

Aisyah Isyana - 08/01/2021 11:35

Beritacenter.COM - Abu Bakar Ba'asyir resmi bebas dari Lapas Khusus Gunung Sindur, Jum'at (8/1/2021) pagi. Pasca bebas, Abu Bakar Ba'asyir langsung dijemput pihak keluarga dan dibawa ke kediamannya di Ngruki, Sukoharjo. Kepulangan Abu Bakar Ba'asyir ke kediamannya turut mendapat pengawalan tim Densus 88 Aniteror dan petugas BNPT.

"Tadi dijemput oleh tim pengacara, dan juga keluarga. Setelah itu, setelah kita serahterima kepada keluarga," kata Kabag Humas dan Protokol, Ditjenpas Rika Aprianti, di Lapas Gunung Sindur, Jumat (8/1/2021).

Baca juga : Bebas dari Gunung Sindur, Abu Bakar Ba'asyir Tempuh Perjalanan Darat ke Ngruki

"Selanjutnya keluarga Abu Bakar Ba'asyir didampingi tim pengacara dan juga keluarga untuk bertolak ke kediaman di Sukoharjo. Itu didampingi, diberi pengawalan oleh BNPT dan Densus 88," sambungnya.

Abu Bakar Ba'asyir bertolak dari Lapas Gunung Sindur, sekira pukul 05.20 WIB, menuju kediamannya di Sukorharjo dengan rombongan 4 mobil pribadi dan satu mobil ambulans. Abu Bakar Ba'asyir menumpangi mobil putih bersama pihak keluarganya.

Setelah menjalani putusan pidana selama 15 tahun, Abu Bakar Ba'asyir akhinya bebas murni dan tidak memiliki kewajiban untuk wajib lapor.

"Bahwa Abu Bakar Ba'asyir bebas murni dan tidak wajib lapor. Tanggungjawab kami sampai disini, selanjutnya mungkin ada tindak lanjut dari pihak yang terkait," kata Rika.

Baca juga : Tak Berizin, Satpol PP Lakukan Penertiban Spanduk Penyambutan Abu Bakar Ba'asyir

Adapun proses pembebasan Abu Ba'asyir sendiri juga dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sebelum akhirnya dilepas pulang, Abu Bakar telah menjalani rapid antigen dengan hasil negatif. Sementara pihak keluarga yang menjemput juga diwajibkan membawa surat keterangan hasil swab.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA