Monday, 10 May 2021
Temukan Kami di :
Internasional

Meski Belum Ikhlas, Trump Akhirnya Akui Kekalahannya di Pilpres AS

Anas Baidowi - 07/01/2021 21:43 Donald Trump

Beritacenter.COM - Donald Trump akhirnya mengakui kekalahannya dalam Pilpres Amerika Serikat (AS) pada Kamis (7/1/2021). Pernyataan Trump disampaikan melalui akun Teitter direktur media sosialnya, Dan Scavino, lantaran akun Trump untuk sementara dikunci oleh Twitter pada Rabu (6/1).

Dalam pernyataannya tersebut, Trump juga menjanjikan transisi yang mulus pada 20 Januari mendatang.

"Meski saya sama sekali tidak setuju dengan hasil Pemilu dan fakta berpihak kepada saya, tetap akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari. Saya selalu mengatakan kami akan melanjutkan perjuangan kami untuk memastikan hanya suara sah yang dihitung. Meski ini merupakan akhir dari masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanyalah awal dari perjuangan kami untuk Membuat Amerika Hebat Lagi," ungkapnya.

Dilansir dari CBS News, Penetapan Joe Biden sebagai pemenang Pilpres AS sempat tertunda akibat insiden penyerbuan Gedung Capitol oleh demonstran pendukung Trump.

Diketahui, Trump telah mendorong para pendukungnya pada Rabu (6/1) untuk melakukan aksi demonstrasi di Gedung Capitol.

Dalam aksi demonstrasi tersebut, massa terlibat bentrok dengan polisi, dan mengobrak-abriknya. Otoritas mengatakan 4 orang tewas dalam insiden tersebut. Seorang wanita ditembak oleh seorang petugas di luar ruang DPR, sedangkan 3 lainnya meninggal dalam 'kondisi darurat medis'.

Aksi demonstran itu justru dipuji Trump dengan menyebut mereka sebagai 'orang-orang istimewa' dan mengatakan ia memahami sakit hati mereka. Twitter lantas mengunci akunnya untuk pertama kalinya dan mengancam 'penangguhan permanen'.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA