Saturday, 23 Jan 2021
Temukan Kami di :
Peristiwa

Kembali Berulah, Harimau Sumatera Terkam Dua Lembu Milik Warga di Langkat

Baharuddin Kamal - 07/01/2021 16:15 Harimau Sumatera.

Beritacenter.COM - Warga Langkat, Sumatera Utara kembali diresahkan dengan seekor harimau yang kerap datang ke pemukiman penduduk. Bahkan, harimau tersebut telah memakan dua ekor lembu milik warga.

"(Dua) lembu ini sebenarnya korban dari dimangsa harimau Sumatera yang di Dusun Selayang, Desa Laudamak, Kecamatan Bahorok. Kejadiannya 6 Januari 2021," kata Kasi Wilayah 2 Stabat BBKSDA Sumut, Herbert P Aritonang, kepada wartawan, Kamis (7/1/2021).

Dia mengatakan, kejadian serupa juga sebelumnya pernah terjadi pada Desember 2020. Lokasi lembu yang dimangsa harimau hanya berjarak sekitar 800 meter dari penemuan bangkai lembu sebelumnya.

"Memang sampai sekarang hasil identifikasi kamera trap belum kita dapatkan, tapi lokasi ini berjarak 800 meter dari kejadian sebelumnya. Terakhir 25 Desember 2020, jadi dugaan kita, masih kita duga ini masih harimau yang sama," ucapnya.

Herbert mengatakan lokasi ditemukannya bangkai lembu ini berjarak 988 meter dari Gunung Leuser. Dia mengatakan lokasi ini masuk dalam wilayah hutan habitat harimau Sumatera.

"Jadi lokasi kejadian ini 988 meter dari taman nasional Gunung Leuser yang memang habitat harimau Sumatera," tuturnya.

Atas kejadian tersebut, dia menghimbau agar warga taklagi melepas hewan ternaknya di sekitar hutan tersebut. Selain itu, dia juga meminta agar warga tak mendekati kawasan hutan terutama pada malam hari.

"Dari beberapa kejadian selalu kita imbau, pertama merubah pola peternak. Ternak itu jangan dibiarkan apalagi malam hari. Kita juga mengimbau masyarakat mengurangi atau membatasi pergerakan ke dalam kawasan hutan terutama setelah gelap, jelang maghrib sampai subuh jangan masuk dulu, termasuk ternaknya dikandangi," jelasnya.

Penemuan bangkai sapi yang dimangsa harimau ini sempat terjadi pada Jumat (25/12/2020). Gerak-gerik dari harimau saat memangsa sapi pun sempat terekam kamera trap.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA