Monday, 18 Jan 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

Berapa Lama Vaksinasi di Indonesia Bisa Rampung? Ini Kata Menkes

Lukman Salasi - 04/01/2021 12:52

BeritaCenter.COM – Pemerintah mulai mendistribusikan vaksin dari Sinovac ke 34 provinsi di Indonesia. Setelah distribusi ini selesai, Indonesia siap melakukan vaksinasi.

Untuk vaksinasi seluruh Indonesia kira-kira butuh berapa lama bisa rampung? Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, penyelesaian vaksinasi di Indonesia tidak bisa sekejap. Proses ini memakan waktu bila didasarkan hitung-hitungan jumlah vaksin.

Menkes memperkirakan butuh waktu 15 bulan untuk dapat menyelesaikan proses vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Sedangkan untuk seluruh dunia, Menkes menyebut butuh waktu sekitar 3,5 tahun.

"Jadi kira-kira butuh waktu sekitar 3,5 tahun untuk memvaksinasi seluruh orang di dunia," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin di situs Kementerian Kesehatan RI yang kami akses, Senin (4/1/2021).

Budi menjelaskan, untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), pemerintah telah menyiapkan 426 juta dosis vaksin untuk 181 juta penduduk Indonesia. Sesuai dengan standar dari WHO, nantinya setiap penduduk akan dilakukan dua kali penyuntikan.

"Kami menyiapkan buffer stock sebanyak 15 persen, jadi total yang kita butuhkan sekitar 426 juta dosis vaksin," katanya.

Perlu diketahui, sebanyak 3 juta dosis vaksin dari Sinovac telah tiba di Indonesia. Vaksin ini pun mulai didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. Pembelian vaksin oleh Pemerintah Indonesia berasal dari lima jalur, yakni empat produsen berasal dari bilateral, yaitu Sinovac dari China, Novavax dari Kanada-Amerika, Pfizer dari Jerman-Amerika, AstraZeneca dari Swiss-Inggris, dan satu berasal dari multilateral, yakni COVAX/GAVI dari aliansi vaksin GAVI dengan didukung WHO dan CEPI.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA