Monday, 12 Apr 2021
Temukan Kami di :
News

Banyak Warga Tolak Vaksin Corona, Ridwan Kamil Ajak Media Masifkan Edukasi

Anas Baidowi - 17/12/2020 08:53 Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil

Beritacenter.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menggandeng media untuk terus memasifkan edukasi mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19. Hal ini mengingat masih ada 14 persen warga Jabar yang menolak vaksinasi itu sendiri.

Ridwan mengatakan bahwa dirinya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) saat ini terus mengedukasi masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman digunakan, itu dibuktikan dengan dirinya yang siap menjadi relawan vaksin.

Menurut hasil survei pemerintah provinsi bersama dengan Komite Kebijakan Penanganan covid-19 Jabar tercatat sebanyak 43,8 persen warga Jabar masih ragu untuk mengambil vaksin Covid-19 dan menunggu hasil uji klinis yang berlangsung di Bandung.

Sementara sebanyak 14 persen warga Jabar menyatakan ogah divaksin Covid-19.

“Yang menunggu itu lebih kepada ingin lebih tahu detil,” kata Ridwan dalam keterangan kepada media.

Oleh karena itu Ridwan Kamil pun mengajak media untuk terus melakukan edukasi terkait vaksin, untuk meyakinkan masyarakat hingga hasil uji klinis keluar dan disetujui oleh badan pengawasan obat dan makanan (BPOM).

“Karena satu-satunya cara kita mengakhiri pandemi ini adalah yang sakit sembuh oleh obat dan yang sehatnya imun melalui vaksin,” tambahnya.

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa dia bersama sejumlah pimpinan daerah di Jawa Barat menjadi relawan uji klinis vaksin guna membuktikan khasiat dan efek samping dari vaksin yang diujikan. Dia pun menyatakan hingga saat ini dirinya bersama Pangdam 3 Siliwangi dan Kajati Jabar, yang mengikuti uji klinis, tidak merasakan efek samping yang berlebih setelah divaksin.

Bahkan pasca disuntik vaksin Covid-19, hasil tes swab yang dilakukan secara berkala menunjukkan hasil negatif. Meski begitu, Ridwan Kamil mengatakan dirinya tidak mau mendahului hasil uji klinis, dan tidak dapat memastikan apakah sehat dan tidak terpapar covid-19 ini akibat dari vaksin atau bukan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA