Thursday, 13 May 2021
Temukan Kami di :
News

Meski Tak Ditahan, Ketua FPI dan Panglima Laskar Dikenakan Wajib Lapor

Saudara Sobri dan Maman sudah kembali. Kita periksa sebagai tersangka Pasal 93 UU No 6 tentang Karantina Kesehatan dengan ancaman 1 tahun. Kita wajibkan lapor seminggu dua kali (Senin-Kamis) dengan membawa surat perintah penangkapan

Aisyah Isyana - 15/12/2020 16:29

Beritacenter.COM - Setelah menjalani pemeriksaan selama 24 jam sebagai tersangka kasus kerumunan, Ketum FPI Ahmad Sobri Lubis dan Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi, sudah dipulangkan. Meski keduanya tak ditahan, mereka dikenai wajib lapor.

"Saudara Sobri dan Maman sudah kembali. Kita periksa sebagai tersangka Pasal 93 UU No 6 tentang Karantina Kesehatan dengan ancaman 1 tahun. Kita wajibkan lapor seminggu dua kali (Senin-Kamis) dengan membawa surat perintah penangkapan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Baca juga :

Tak hanya Sobri dan Maman, ketiga tersangka lainnya terkait kasus kerumunan juga dikenai wajib lapor. Mereka tak ditahan lantaran ancaman hukumannya dibawah 1 tahun penjara.

"Ada beberapa lagi yang nanti kita tambahkan dalam BAP. Termasuk tiga yang kemarin juga sama. Sudah kita pulangkan karena ancaman setahun. Nanti kelanjutannya disampaikan," jelas Yusri.

Sebelumnya, Ketum FPI Ahmad Sobri Lubis dan Panglima LPI Maman Suryadi telah rampung menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya. Keduanya diperiksa di Polda Metro Jaya lebih dari 24 jam.

Dikatakan Pengacara Ahmad Sobri Lubis dan Maman, Sugito Atmo Pawiro, membenarkan jika kedua kliennya telah rampung menjalani pemeriksaan dan tidak ditahan. Kedua petinggi FPI itu telah dipulangkan sekira pukul 11.00 WIB.

"Insyaallah tidak (ditahan), saya sekarang mau ke Kamneg dan sudah dapat informasi dari tim hukum FPI bahwa insyaallah hari ini bisa pulang Ustaz Sobri dan Ustaz Maman. Semoga tidak ada masalah," kata Sugito kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Tak hanya diperiksa sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, Sobri dan Maman juga turut diperiksa sebagai saksi tersangka Habib Rizieq Shihab.

"Beliau, di samping sebagai tersangka, beliau sebagai saksi. Karena saat acara itu di tempatnya Habib Rizieq, tapi sebagian besar untuk keterangan detailnya Ustaz Sobri akan jelaskan di pengadilan mungkin itu," jelasnya.




Berita Lainnya

Gempa 5,0 Magnitudo Guncang Maluku Utara

12/05/2021 23:30 - Baharuddin Kamal
Kemukakan Pendapat


BOLA