Monday, 12 Apr 2021
Temukan Kami di :
Politik

Mendagri Minta Saat Pemungutan Suara Tidak Ada Kerumunan di TPS

Dewi Sari - 08/12/2020 14:50

Beritacenter.COM - Menteri Dalam Negeri (Medagri) Tito Karnavian meminta kepada seluruh pihak untuk tidak ada kerumunan di TPS dalam pemilihan pilkada serentak 2020 yang akan berlangsung pada Rabu (9/12) besok.

"Kita sebentar lagi, besok, akan menghadapi hari yang sangat penting, yaitu hari puncak, ada pemungutan suara, kemudian ada perhitungan suara, ada rekapitulasi dari hasil perhitungan suara dan setelah itu diikuti dengan penetapan paslon terpilih," kata Tito saat Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Tahapan Pemungutan Suara Pilkada Serentak Tanggal 9 Desember 2020 di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (8/12).

"Masih ada tahapan lain di antaranya sengketa, gugatan, dan kemudian terakhir nanti ada pelantikan. Tapi yang berturut-turut memerlukan perhatian kita semua adalah pada saat pemungutan suara besok," sambung Tito.

Tito berharap semua pihak petugas TPS hingga masyarakat dalam memilih hak - haknya selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau memang semua hadir (pemilih) itu ada 100,3 juta, kalau 100 persen hadir, dan kemudian pemungutan suara ini sudah diatur oleh KPU mengenai mekanismenya untuk tidak terjadi kerumunan, di antaranya adalah membuat jadwal yang hadir, dan kemudian Peraturan KPU sudah menetapkan maksimal 500 pemilih per TPS, juga sudah diatur," ujarnya.

Ia juga meminta aparat dan penyelenggara pemilu untuk kompak menyiapkan pengamanan pencoblosan besok.

"Karena rapat ini diikuti juga oleh aparat keamanan, aparat pengawas, maka kita menyamakan persepsi untuk kesiapan kita menghadapi hari besok, kemudian ada kegiatan perhitungan suara dan juga ada rekapitulasi," jelas Tito.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA