Saturday, 16 Jan 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

5 Bahan Alami Penurun Asam Urat

Anas Baidowi - 03/12/2020 21:20 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Kadar asam urat yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit, seperti batu ginjal dan serangan asam urat itu sendiri.

Selain itu, tingginya kadar asam urat dalam tubuh juga dapat menimbulkan Hiperurisemia. Selain kadar asam urat yang tinggi Hiperurisemia juga bisa disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menyaring kelebihan asam urat saat buang air kecil.

Tenang, kadar asam urat dapat diturunkan dengan bahan-bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat menurunkan kadar asam urat:

1. Jahe
Jahe menjadi salah satu rempah yang mampu mengatasi peradangan. Kemampuan jahe untuk mengatasi asam urat telah terdokumentasikan dengan baik.

Mengutip Healthline, sebuah studi menemukan, jahe yang dioleskan pada bagian yang terkena dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat.

Tumbuk dan parut jahe, campurkan dengan air hingga menjadi pasta. Rendam kain lap ke dalam campuran. Setelah dingin, tempelkan kain pada area yang terasa nyeri setidaknya selama 15-30 menit.

Atau, Anda juga bisa merebus 2 sdt jahe bubuk dengan air selama 10 menit hingga mendidih. Konsumsi rebusan jahe tiga kali dalam sehari.

2. Lemon dan kunyit
Campuran perasan lemon, kunyit, ditambahkan dengan cuka apel disebut dapat membantu menurunkan asam urat.

Campurkan perasan lemon ke dalam air hangat. Masukkan 2 sdt kunyit dan 1 sdt cuka apel. Konsumsi 2-3 kali dalam sehari.

3. Jelatang
Jelatang merupakan obat herbal untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri.

Untuk mencobanya, seduh jelantang dengan air mendidih. Seduh 1-2 sdt jelanjang kering per cangkir. Konsumsi 3 gelas per hari.

4. Akar burdock
Akar burdock merupakan ramuan yang sering direkomendasikan untuk mengatasi serangan asam urat akut. Mengutip NDTV, akar burdock memiliki khasiat yang memungkinkan asam urat berlebih melewati urine.

Ramuan ini juga bermanfaat untuk membersihkan racun dari dalam darah dan mengurangi peradangan. Akar burdock tak hanya membantu melarutkan asam urat, tapi juga membantu mengobatinya.

5. Kecambah alfalfa
Kaya vitamin dan mineral, kecambah alfalfa dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Tak cuma itu, kecambah alfalfa juga meningkatkan kesehatan ginjal, prostat, dan kandung kemih.

Alfalfa meningkatkan kadar pH dalam tubuh yang memungkinkannya untuk melarutkan asam urat yang mengkristal.

Anda bisa mengonsumsi kecambah alfalfa dalam bentuk salad atau sebagai isian sandwich.

Konsultasi dengan dokter sebelum mencoba beberapa rempah penurun asam urat di atas untuk mengetahui dosis yang tepat dan kemungkinan efek samping.




Berita Lainnya

Jangan Takut Divaksin

14/01/2021 14:29 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA