Saturday, 23 Jan 2021
Temukan Kami di :
Peristiwa

Ini Upaya Pemerintah Bantu Warga yang Terdampak Letusan Gunung Semeru

Baharuddin Kamal - 01/12/2020 14:34

Beritacenter.COM - Pemerintah telah menyiapkan tenda pengungsian serta dapur untuk seluruh warga yang terdampak letusan Gunung Semeru. Tempat pengungsian tersebut didirikan di lapangan dan Balai Desa Supiturang.

Diketahui, sejauh ini sudah ada kurang lebih 550 Warga yang mengungsi berasal dari Desa Supiturang, Desa Oro-oro Ombo dan Rowobaung di Kecamatan Pronojiwo, serta Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipurodari.

"Evakuasi dari Forkopimka sudah menyiapkan titik kumpul di Supiturang di lapangan dan balai desa. Sudah ada tenda yang kami siapkan," ujar Kapolsek Pronojiwo Iptu Rachmad, Selasa (01/12/2020).

Rachmad menjelaskan, upaya penanganan darurat tersebut dikomandoi oleh BPBD Lumajang, dia membuka pos pengungsian lapangan di Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Di samping itu, untuk menghindari abu vulkanik dan penerapan protokol kesehatan, BPBD dan dinas kesehatan membagikan 4.000 masker, sedangkan dinas sosial mempersiapkan operasional dapur umum. Pihak lain, seperti TNI, Polri dan dinas terkait, turut mendukung penanganan darurat di lapangan.

Dari data pos pengamatan gunung api (PGA) semeru periode 01 Desember 2020 pukul 00.00 - 06.00 WIB Gunung Semeru mengeluarkan awan panas letusan satu kali, awan panas guguran satu kali dan guguran tujuh kali. Status Gunung Semeru masih waspada level II.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA