Thursday, 21 Jan 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Sidang Uji Materi UU Ciptaker Mulai Digelar Hari Ini

Anas Baidowi - 24/11/2020 11:50 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Gugatan uji materi Undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja ke Mahkamah Konstitusi (MK) mulai digelar hari ini, Selasa (24/11) dengan agenda awal pemeriksaan pendahuluan.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menjadi pemohon dalam gugatan ini.

Tim Hukum Buruh Menggugat (THBM) Cipta Kerja selaku kuasa hukum pemohon menjelaskan, bahwa penolakan terhadap pengesahan UU Ciptaker nyatanya tak dihiraukan. Presiden Jokowi tetap mengesahkan UU itu pada 2 November lalu. Meskipun para buruh menilai UU itu sangat merugikan para pekerja di tanah air.

"Hari ini pemeriksaan pendahuluan. Kiranya perjuangan pekerja atau buruh di Mahkamah Konstitusi (MK) dapat membawa titik terang bagi kepentingan pekerja atau buruh," kata Direktur LBH Mawar Saron Jakarta, Ditho H.F. Sitompoel selaku pengacara buruh.

Dia mengungkapkan, akan ada 12 point utama dalam kluster ketenagakerjaan yang dimohonkan untuk diuji materi karena ke-12 point itu dianggap merugikan pekerja Indonesia.

2 point itu yakni terkait lembaga pelatihan kerja, pelaksanaan penempatan tenaga kerja, tenaga kerja asing, perjanjian kerja waktu tertentu, pekerja alih daya, waktu kerja, cuti, upah, pemutusan hubungan kerja, uang pesangon (UP), penghargaan masa kerja (PMK), uang penggantian hak (UPH), penghapusan sanksi pidana, dan jaminan sosial.

"Sidang dengan Nomor Perkara : 101/PUU-XVIII/2020 perihal pengujian Materil UU Cipta Kerja Terhadap UUD RI 1945 atas nama Pemohon KSPI dan KSPSI yang dikuasakan kepada Dr. Hotma P.D. Sitompoel S.H., M.Hum. dkk akan digelar hari ini Selasa, 24 November 2020 Pukul 11.00 WIB secara daring atau virtual," ujarnya dalam siaran persnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA