Monday, 12 Apr 2021
Temukan Kami di :
Kesehatan

Ramai Vaksin Dianggap Tak Ada Gunanya, Vaksinolog: Keliru!

Anas Baidowi - 24/11/2020 10:57 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Vaksinolog yang sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Dirga Sakti Rambe angkat bicara soal asanya anggapan bahwa vaksin tidak ada gunanya. Menurut dr. Dirga, kemampuan vaksin sangat dibutuhkan untuk membentuk kekebalan tubuh sehingga dapat digunakan sebagai alat intervensi kesehatan masyarakat di saat pandemi. Dengan demikian, vaksin merupakan alat yang paling efektif untuk mencegah penularan. Sehingga, keliru jika ada anggapan vaksin tidak berguna.

"Keliru apabila ada anggapan vaksin itu tidak ada gunanya. Karena vaksin sifatnya melatih sistem kekebalan tubuh agar mampu memproduksi antibodi. Dan satu lagi vaksin punya keunggulan yang tidak dimiliki upaya pencegahan yang lain, yaitu vaksin memberikan perlindungan yang sifatnya spesifik," ujarnya dikutip dari situs resmi Satgas COVID-19, Selasa (24/11/2020).

Dia menuturkan masih ada sebagian masyarakat yang belum mengerti tentang pentingnya vaksin untuk mencegah penyakit menular, seperti Covid-19. Hal itu membuat perlunya sosialisasi perihal vaksin dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan.

"Setiap vaksin punya efektivitas yang berbeda-beda, dan vaksin pun tidak akan mendapat izin apabila efektivitasnya rendah. Untuk vaksin COVID-19, WHO menetapkan efektivitas minimal mencapai 50%. Kita harapkan vaksin yang ada nanti efektivitasnya lebih tinggi dari angka yang ditetapkan WHO,", jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan vaksin COVID-19 menjadi harapan untuk upaya menekan penyebaran COVID-19. Masyarakat diminta untuk yakin, bahwa vaksin yang disiapkan aman dan efektif karena harus terlebih dahulu mendapat izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kalau sudah ada izin (pemakaiannya), tidak usah ragu lagi. Apabila izinnya ada dan pemerintah meminta kita vaksinasi, segera kita kerjakan bersama. Sejauh ini dari hasil uji klinik terkait keamanan, tidak ada catatan efek samping yang serius mengenai keamanan vaksin ini," pungkasnya.




Berita Lainnya

Inilah 5 Manfaat Minum Susu di Pagi Hari

09/04/2021 08:55 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA