Friday, 04 Dec 2020
Temukan Kami di :
Opini

Seperti Apa Sosok Ideal Pengganti Jenderal Polisi Drs Idham Azis?

Andrea juga menyebutkan jika nantinya yang menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis menjadi Kapolri harus memiliki pengalaman untuk menghadapi masa seperti sekarang.

Sari Intan Putri - 22/11/2020 14:49

Beritacenter.COM - Andrea H. Poeloengan selaku mantan anggota Komisioner Kompolnas angkat suara terkait Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis yang sebentar lagi memasuki masa pensiun pada awal tahun 2021.

Menurut Andrea, Kompolnas nantinya akan memberikan sejumlah pertimbangan kepada Presiden Joko Widodo terkait rekam jejak calon Kapolri.

"Yang paling paling mendasar adalah profil Kapolri yang betul-betul dapat bekerja sama dan dapat menterjemahkan perintah dari Presiden," ucap Andrea.

Andrea juga menyebutkan jika nantinya yang menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis menjadi Kapolri harus memiliki pengalaman untuk menghadapi masa seperti sekarang.

"Dua itu dulu untuk dasarnya," ucap Andrea.

Kalau secara formal, lanjut Andrea, sebagai calon Kapolri syaratnya harus berpangkat Komisaris Jenderal Polisi (bintang tiga).

"Siapapun Kapolrinya, Presiden benar-benar nyaman bekerja dan bisa percaya 100 persen," ucap Andrea.

Apapun yang diperintahkan Presiden, lanjut Andrea, harus ditaati dan bisa memberikan saran serta masukan yang obyektif kepada Presiden.

"Presiden kita kan sangat demokratis, sehingga perlu memberikan masukan yang bersifat obyektif. Bukan hanya semata-mata masukan yang asal bapak senang saja," ucap Andrea.

Sekarang ini, lanjut Andrea, mengatasi terjemahan perintah Presiden dengan gejolak di lapangan memang tidak memungkinkan, namun tidak ada yang tidak memungkinkan, yang terpenting saat ini bagaiamana Kapolrinya nanti bisa meyakinkan kepada Presiden dengan segala macam resikonya.

"Saya bukannya membanding-bandingkan, akan tetapi banyak Kapolri yang tidak bisa seperti itu sehingga apapun yang terjadi tanggung jawabnya ada pada Kapolri," ucap Andrea.

 

 




Berita Lainnya

Mengejek Adzan

03/12/2020 14:04 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA