Saturday, 28 Nov 2020
Temukan Kami di :
Ekonomi

Berikut Tips Hindari Pembobolan Rekening Via Mobile Banking

Anas Baidowi - 19/11/2020 21:54 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Layanan internet atau mobile banking saat ini menjadi kebutuhan masyarakat untuk mempermudah dalam melakukan transaksi perbankan. Namun, Layanan tersebut juga rawan terjadi kejahatan cyber, seperti pembobolan dana nasabah.

Untuk itu, sebagai pengguna layanan mobile banking kita harus senantiasa meningkatkan kewaspadaan.

Juru Bicara OJK, Sekar Putih Djarot mengimbau agar nasabah tidak sembarangan memberikan PIN atau OTP kepada siapapun termasuk oknum yang mengaku sebagai pegawai bank.

"Ingat bahwa Bank tidak pernah meminta PIN/OTP dari konsumen," kata Sekar di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Selain itu, OJK juga menghimbau agar nasabah rutin mengganti PIN/password secara berkala. Hal penting dilakukan agar terhindar dari risiko peretasan dan pembobolan dana nasabah. Aktifkan juga notifikasi transaksi, agar jika ada yang mencurigakan bisa segera menghubungi bank.

Selanjutnya, jangan gunakan akses internet Wifi Publik ketika melakukan transaksi. Setelah melakukan transaksi, pastikan anda sudah log-out dari aplikasi.

Apabila ingin menjual ponsel, Sekar mengimbau agar nasabah memastikan bahwa jejak keuangan di perangkat yang lama sudah terhapus permanen.

"Pastikan mengunduh aplikasi atau mengakses internet banking pada situs bank yang resmi," sebut dia.

Terakhir, Apabila ponsel secara tiba-tiba tidak bisa digunakan, segera laporkan hal tersebut ke provider kartu seluler untuk menghindari adanya cloning sim card.




Berita Lainnya

Data Ekonomi Positif Bikin Harga Emas Anjlok

24/11/2020 09:16 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA