Friday, 27 Nov 2020
Temukan Kami di :
Ekonomi

Dukung Pertanian Dalam Negeri, Mentan: Saya Tidak Suka Impor!

Anas Baidowi - 18/11/2020 20:40 Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Beritacenter.COM - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo buka suara terkait kebijakan impor. Syahrul mengaku bahwa dirinya tidak menyukai kebijakan import atas komoditas pangan.

Menurut Syahrul, Indonesia masih mampu memproduksi beberapa komoditas pangan sehingga ada baiknya tidak perlu mengimpor. Hal ini sudah dia jalankan ketika masih menjadi Kepala Daerah di Sulawesi.

"Terus terang saya tidak suka dengan impor, selama menjadi kepala daerah saya tegas menolak itu," ujarnya dalam acara Food Security Summit virtual, Rabu (18/11/2020).

Namun, secara umum impor boleh saja dilakukan karena sejatinya hubungan internasional sebuah negara harus tetap terjalin.

Untuk itu, yang perlu dilakukan untuk saat ini adalah meningkatkan kualitas dan daya saing produk dalam negeri, sehingga bisa mengganti komoditas pangan import dengan kualitas yang sama dan harga yang lebih murah.

"Orang kalau impor, dagang kertas dapat uang banyak tidak berkeringat. Itu hal yang saya tidak setuju seperti itu," kata Syahrul.

Syahrul meminta kepada para pengusaha untuk ikut serta mendorong pertanian dalam negeri. Misalnya adalah dengan memperkuat riset dan penelitian pertanian.

"Tapi, kalau berhenti di situ, dan pasca panennya tidak disentuh tentu kita tidak bisa bersaing," ucapnya.




Berita Lainnya

Data Ekonomi Positif Bikin Harga Emas Anjlok

24/11/2020 09:16 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA