Saturday, 05 Dec 2020
Temukan Kami di :
Opini

TERIMA KASIH "PAK JOKOWI", TOL LAYANG PETTARANI SIAP DIRESMIKAN

Indah Pratiwi Budi - 17/11/2020 17:30 Oleh : Wahyu Sutono

Pembangunan Tol Layang Pettarani di Makassar merupakan salah satu megaproyek di Sulawesi Selatan selain Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja telah rampung, dan akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

Tol yang digadang-gadang menjadi salah ikon pembangunan baru di Kota Makassar ini semula akan diresmikan pada 10 November 2020, namun karena bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan maka agenda tersebut diundur. Peresmian beberapa proyek secara bersamaan dimungkinkan karena alasan efisiensi, yakni agar Presiden Jokowi tidak harus bolak-balik.

Pembangunan Tol Layang Pettarani dimulai sejak April 2018, sepanjang 4,3 km, dengan biaya investasi sebesar Rp2,24 triliun. Dibangun di atas Jalan Nasional AP Pettarani sehingga bisa berjalan lebih cepat tanpa pembebasan lahan. Ruas ini akan melengkapi ruas tol eksisting pada Seksi I, II dan IV yang akan beroperasi dengan sistem terbuka sepanjang 10,4 Km dengan jumlah lajur jalan 2 x 2, lebar 3,50 meter, dan memiliki dua on-off ramp yaitu di Boulevard dan Alauddin.

Nantinya disamping akan mengurai kemacetan sekitar Jalan AP Pettarani, Jalan tol layang ini juga terhubung Jalan Tol Ujung Pandang Seksi I dan Seksi II sehingga ini menjadikan akses ke Pelabuhan Soekarno Hatta dan Bandara Sultan Hasanuddin akan semakin lancar.

Bravo PUPR..

Salam NKRI Gemilang




Berita Lainnya

Mentertawakan Perdebatan Di Medsos

04/12/2020 12:32 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA