Saturday, 05 Dec 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Hiperseks, Apakah Perlu Diobati?

Anas Baidowi - 17/11/2020 02:15 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Hiperseks juga sering dikenal dengan perilaku seksual kompulsif. Contohnya termasuk masturbasi, cybersex, banyak pasangan seksual, penggunaan pornografi.

Ketika perilaku seksual ini menjadi fokus utama dalam hidup Anda, sulit dikendalikan, dan mengganggu atau berbahaya bagi Anda atau orang lain, perilaku tersebut dapat dianggap sebagai perilaku seksual kompulsif. Lantas, perlukah diobati?

Dilansir Mayo Clinic, seorang perlu mencari bantuan jika merasa kehilangan kendali atas perilaku seksualnya, terutama jika perilaku Anda menyebabkan masalah bagi Anda atau orang lain. Perilaku seksual kompulsif cenderung meningkat seiring waktu, jadi dapatkan bantuan saat Anda pertama kali menyadari mungkin ada masalah.

Saat Anda memutuskan apakah akan mencari bantuan profesional, tanyakan pada diri Anda:

Bisakah saya mengatur dorongan seksual saya?
Apakah saya tertekan oleh perilaku seksual saya?
Apakah perilaku seksual saya merusak hubungan saya, memengaruhi pekerjaan saya, atau mengakibatkan konsekuensi negatif, seperti ditangkap?
Apakah saya mencoba menyembunyikan perilaku seksual saya?

Perawatan untuk perilaku seksual kompulsif biasanya melibatkan psikoterapi, pengobatan, dan kelompok swadaya. Tujuan utama pengobatan adalah membantu Anda mengelola dorongan dan mengurangi perilaku berlebihan sekaligus menjaga aktivitas seksual yang sehat.

Jika Anda memiliki perilaku seksual kompulsif, Anda mungkin juga memerlukan perawatan untuk kondisi kesehatan mental lainnya. Orang dengan perilaku seksual kompulsif sering mengalami masalah penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan atau masalah kesehatan mental lainnya, seperti kecemasan atau depresi, yang memerlukan perawatan.

Orang dengan kecanduan lain atau masalah kesehatan mental yang parah atau yang menimbulkan bahaya bagi orang lain dapat memperoleh manfaat dari perawatan rawat inap pada awalnya.

 




Berita Lainnya

5 Bahan Alami Penurun Asam Urat

03/12/2020 21:20 - Anas Baidowi

5 Manfaat Konsumsi Sirsak untuk Kesehatan

02/12/2020 15:35 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA