Saturday, 05 Dec 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Inilah Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Dewi Sari - 11/11/2020 11:35

Beritacenter.COM - Buah manggis memiliki cita rasa yang enak, hampir semua orang menyukai dengan buah ini. Tapi tahukah anda, bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi melainkan kulitnya juga bisa dimanfaatkan.

Kulit manggis memiliki banyak vitamin seperti mineral, dan asam amino, yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam 100 gram kulit manggis mampu memenuhi 2.96% kebutuhan kalori harian tubuh.

Kulit manggis juga mengandung serat sehat yang cukup banyak, sehingga sangat cocok jadi menu diet. Ekstrak kulit manggis juga cocok dikonsumsi oleh segala usia, menyesuaikan kebutuhan serat masing-masing.

Berikut 7 manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kulit manggis yang pertama yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila manggis menjadi salah satu jenis buah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini karena kulit manggis memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dengan vitamin C yang cukup dalam tubuh, membuatnya menjadi lebih kebal terhadap infeksi virus dan jarang sakit. Kulit manggis juga baik dikonsumsi orang yang sedang sakit atau mengalami penurunan kekebalan tubuh, seperti penderita tuberkolusis dan HIV/AIDS. Itu karena kandungan antimikroba dalam kulit manggis dapat melawan bakteri Staphylococcis aureus yang menyebabkan kekebalan tubuh seseorang menurun.

2. Cegah Kanker

Manfaat kulit manggis yang selanjutnya yaitu dapat cegah penyakit kanker. Sudah sejak lama kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Biasanya seseorang yang memiliki kanker itu karena menjalani pola hidup tidak sehat dalam kurun waktu yang cukup lama. Sehingga sel-sel yang rusak di dalam tubuh berkumpul, dan mengubahnya menjadi kanker.

Dan untuk mencegah penyakit kanker tersebut, kalian bisa kok menggunakan manfaat kulit manggis. Hal itu karena kulit manggis memiliki kandungan antioksidan berupa xanthone, yang sangat baik untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Antioksidan yang ada dalam kulit manggis ini mampu memerangi radikal bebas penyebab kanker secara efektif.

3. Kontrol Gula Darah

Tidak hanya mampu mengurangi risiko terkena kanker saja, nyatanya manfaat kulit manggis juga baik loh dalam kontrol gula darah. Bagi penderita diabetes, mengontrol kadar gula darah memang sangat penting. Itulah mengapa kita harus mengetahui beberapa hal makanan yang baik dalam mengontrol kadar gula darah, salah satunya kulit manggis.

Di dalam kulit manggis terdapat kandungan berupa serat yang membuat kadar gula darah berada di level normal. Kulit manggis juga mampu mencegah penyerapan gula oleh darah secara berlebihan. Selain itu kandungan kalori dalam kulit manggis tidak terlalu banyak, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

4. Membuang Racun di Tubuh

Racun di tubuh memang menjadi salah satu hal yang cukup berbahaya bagi tubuh. Bila tidak dilakukan pembuangan racun secara rutin, maka hal ini akan menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Selain olahraga, dan melakukan pola hidup sehat, kalian juga bisa mengonsumsi kulit manggis untuk membuat racun di dalam tubuh keluar.

Hal ini lagi-lagi karena kandungan antioksidan dalam kulit manggis yang dipercaya dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh. Antioksidan ini dapat menjaga tubuh dari racun dan bahan kimia berbahaya yang disebabkan oleh radiasi, polusi, dan lain sebagainya.

5. Memberikan Kesehatan Tulang

Nyatanya kulit manggis mampu memberikan nutrisi pada tulang kalian loh KLovers. Tulang memang menjadi salah satu hal yang penting untuk dijaga, dengan memberikan nutrisi maka tulang akan lebih sehat. Selain itu kalian juga akan terbebas dari berbagai macam penyakit, salah satunya osteoporosis.

Dan untuk mendapatkan kesehatan dan menjaga tulang tetap baik, maka kalian bisa menggunakan manfaat kulit manggis. Hal itu karena manggis memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Tentu saja kulit manggis ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja, karena hal itu dapat mendukung pertumbuhan tulang mereka secara optimal. sehingga membuat anak-anak tumbuh lebih tinggi dengan tulang yang kuat.

6. Menutrisi Kesehatan Mata

Selain memberikan kesehatan pada tulang, manfaat kulit manggis yang lainnya yaitu dapat memberikan nutrisi pada kesehatan mata kalian. Yup! Mata sehat memang akan membantu kita mempermudah mengerjakan sesuatu. Itulah mengapa, memberi nutrisi alami pada mata menjadi salah satu solusinya.

Kalian bisa mengonsumsi kulit manggis secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal tersebut karena, kulit manggis memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A sangat baik untuk memberikan kesehatan pada mata. Selain itu vitamin A juga dapat melindungi retina dan mempertajam penglihatan, serta mencegah xerophtalmia (kurangnya penglihatan dalam cahaya redup/gelap).

7. Mencegah Sembelit

Dan manfaat kulit manggis yang terakhir yaitu dapat mencegah sembelit. Walaupun tergolong ringan, namun nyatanya sembelit menjadi salah satu penyakit yang bisa sangat berbahaya loh bila dibiarkan begitu saja. Hal ini karena sembelit dapat mengakibatkan wasir, ambeien, perut buncit, kolesterol, hingga kanker perut.

Dan untuk mengatasi hal tersebut maka kalian bisa mengonsumsi kulit manggis. Kandungan serat yang tinggi dalam kulit manggis mampu menyerap air yang berada di luar usus, sehingga membuat makanan yang masuk dalam tubuh menjadi lebih mudah diserap. Sehingga kalian tidak akan terkena sembelit.

Itulah 7 manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh kalian. Bukan hanya buahnya saja yang bisa memberikan kesehatan, nyatanya buah manggis juga mampu memberikan kesehatan pada tubuh kalian.

 

 




Berita Lainnya

5 Bahan Alami Penurun Asam Urat

03/12/2020 21:20 - Anas Baidowi

5 Manfaat Konsumsi Sirsak untuk Kesehatan

02/12/2020 15:35 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA