Saturday, 05 Dec 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Periksa Kehalalan Vaksin Covid-19, Pemerintah Akan Libatkan Organisasi Keagamaan

Anas Baidowi - 05/11/2020 15:37 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP), Rumadi Ahmad menjelaskan bahwa Pemerintah akan melibatkan berbagai pihak termasuk organisasi keagamaan untuk memastikan kehalalan vaksin COVID-19.

"Pemerintah ingin ada keterbukaan informasi terkait produksi vaksin," tutur Rumadi Ahmad melalui keterangan resminya di Jakarta, Kamis (5/11).

Rumadi memaparkan, vaksin merupakan suatu usaha atau ikhtiar untuk mencegah, bahkan mengobati penyakit. Untuk itu, upaya dalam mencari vaksin melalui berbagai riset harus didukung.

“Kata rasul, Likulli da’in dawaa’ atau setiap penyakit pasti ada obatnya Namun obat harus diupayakan dan dicari, tidak datang dengan sendirinya," jelas Rumadi.

Pria yang juga Ketua Lajnah Kajian Pengembangan Sumberdaya Manusia (LAKPESDAM) NU meyakini bahwa para ulama mempunyai perangkat keilmuan dan juga kearifan untuk tidak menghalangi penggunaan vaksin jika vaksin yang tersedia belum bisa dipastikan kehalalannya.

Meski begitu, kata Rumadi, pada prinsipnya segala sesuatu yang masuk dan dikonsumsi umat Islam sangat penting memastikan kehalalan.

"Tapi dalam keadaan darurat, jika belum ada obat yang lain, Islam tidak melarang mengkonsumsi obat tersebut," tambah Rumadi.

"Para ulama Indonesia pasti sangat memahami hal tersebut dan akan memberi panduan yang memudahkan, bukan mempersulit," pungkas Rumadi.




Berita Lainnya

5 Bahan Alami Penurun Asam Urat

03/12/2020 21:20 - Anas Baidowi

5 Manfaat Konsumsi Sirsak untuk Kesehatan

02/12/2020 15:35 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA